Rabu, 22 Nopember 2017

Malang Beach Festival Incar 6 Juta Wisatawan

Selasa, 07 Nopember 2017 13:55:03 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Malang Beach Festival Incar 6 Juta Wisatawan
Rendra Kresna

Malang (beritajatim.com) - Jelang Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1.257 pada 28 Nopember 2017 tahun ini, sejumlah kegiatan gencar dilakukan. Salah satu promosi yang sudah disiapkan spektakuler wilayah ini bertema Malang Beach Festival (MBF).

Launching MBF akan digeber pada tanggal 11 Nopember 2017 di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Mengiringi launching yakni Lomba Layang-Layang, Fashion Show 3R, Peresmian Jembatan Hanoman sekaligus Peresmian Cafe Balekambang.

Dilanjutkan keesokan harinya yakni Runing Track Balekambang dan Fun Bike Jalur Lintas Selatan. Lalu ada Paralayang pada tanggal 17 Nopember. Pawai Budaya hingga Pemecahan Rekor MURI dengan 5000 Penari Topeng Bapak khas Malangan. Sejumlah artis Ibukota seperti Astrid dan Band Republik, turut memeriahkan MBF tahun ini.

Bupati Malang Rendra Kresna, Selasa (7/11/2017) siang dalam Konfrensi Pers di Pendopo Agung Pemkab Malang, mengatakan, pada tahun 2016 lalu jumlah kunjungan baik wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik mencapai 5 juta orang.

Dalam gelaran MBF tahun ini sebagai puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257, target wisatawan bisa meningkat hingga mencapai angka 6 juta wisatawan.

“Ada juga acara surfing, diving, kontes mini truk, paralayang dan kita tutup dengan gebyar budaya Singosari. Banyak kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke 1257 tahun ini. Kami berharap seluruh kegiatan bisa terekspose, bisa diketahui banyak orang baik tingkat Jawa Timur hingga mancanegara. Saya berharap kita bersinergi dan semarak untuk setiap acara yang digelar nantinya,” ungkap Rendra.

Menurutnya, dampak dari MBF bisa membawa Kabupaten Malang semakin maju dan kunjungan wisata bisa meningkat. “Tahun ini bisa lebih banyak jumlah kunjungan wisata. Kalau tahun lalu mencapai 5 juta wisatawan, tahun ini bisa mencapai 6 juta wisatawan atau lebih,” bebernya.

Rendra melanjutkan, khusus Tari Topeng Bapang, tumbuh berkembang dari Malang dan Jatim hingga ke Mancanegara hingga ratusan tahun yang lalu. “Dari seni topeng bapang ini, kami berharap bisa terus lestari,” ujarnya.

Khusus wisatawan mancanegara, lanjut Rendra, jumlahnya tahun 2016 kemarin sekitar 128 ribu. Dengan MBF, bisa lebih banyak lagi. “Tapi kita tidak hanya fokus di wisatawan asing saja, wisatawan domestik juga. Kita tumbuhkan bagaimana ekonomi kreatif bisa berjalan untuk memacu pertumbuhan ekonomi  bagi masyarakat Kabupaten Malang,” ujarnya.

Dalam gelaran MBF, 37 kota dan kabupaten se Indonesia akan berpartisipasi di Hari Jadi Kabupaten Malang. Pada tanggal 28 Nopember 2017, kita juga memperoleh penghargaan tertinggi di bidang Koperasi. “Dua tahun berturut-turut kita dapat penghargaan itu,” kata Rendra. [yog/but]

Komentar

?>