Rabu, 22 Nopember 2017

Merpati Seharga Rp 300 Juta Menangkan Lomba Liga Jatim

Senin, 30 Oktober 2017 09:38:24 WIB
Reporter : Misti P.
Merpati Seharga Rp 300 Juta Menangkan Lomba Liga Jatim

Mojokerto (beritajatim.com) - Ratusan penghobi burung dari berbagai kota di Jawa Timur turut memeriahkan Lomba Liga Jatim yang digelar di Lapangan Kedungmungal, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Burung merpati asal Sampang, Madura senilai Rp300 juta memenangkan perlombaan tersebut.

Perlombaan yang digelar selama tiga hari, sejak Jumat (27/10/2017) sampai Minggu (29/10/2017) kemarin rupanya banyak diikuti oleh penghobi burung di seluruh daerah Jawa Timur. Sedikitnya 560 peserta penghobi burung yang ikut ambil bagian untuk merebutkan hadiah sebesar Rp30 juta.

Ketua Panitia Lomba Liga Jatim, Eko Wahyudi mengatakan, perlombaan tersebut tidak lain untuk melestarikan budaya tradisional merpati. "Merpati balap sprint itu hanya terdapat di Indonesia, maka sudah seharusnya dilestarikan. Yakni dengan menggelar lomba seperti ini," ungkapnya.

Eko menjelaskan, jenis perlombaan sendiri terbagi dalam tiga macam. Yakni, Galatama 500 meter, Galatama 1.000 meter dan Lomba Utama 1.200 meter. Peserta yang datang hampir semua penghobi yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur, terutama didominasi dari Madura.

"Paling banyak penghobi burung dari Madura, ada Sumenep, Pamekasan dan Lumajang juga ada. Jadi, perlombaan ini untuk semua kalangan, baik pemula maupun profesional karena ada spesifikasinya masing-masing," jelasnya. [tin/suf]

Tag : merpati

Berita Terkait

    Komentar

    ?>