Kamis, 19 Oktober 2017

Desainer Lokal Berkreasi di Banyuwangi Fashion Festival

Kamis, 12 Oktober 2017 21:51:51 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Desainer Lokal Berkreasi di Banyuwangi Fashion Festival

Banyuwangi (beritajatim.com) - Pemerintah Banyuwangi kembali menggagas kegiatan berbau seni. Kali ini, daerah di ujung timur Pulau Jawa tersebut bakal menggelar acara fashion bertajuk Banyuwangi Fashion Festival.

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi sebagai penitia, telah bersiap menggelarnya. Apalagi, kegiatan itu rencananya akan digelar pada 14 oktober mendatang. Otomastis, kurang 3 hari lagi acara itu akan resmi digelar.

Kepala Disperindagtam Banyuwangi, Ketut Kencana mengatakan, segala persiapan untuk BFF telah dilakukan. Mulai desain panggung, tata pameran UMKM, maupun coaching terhadap para desainer yang bakal tampil pada acara itu.

Rencananya, kata Ketut, panggung atau catwalk para model akan ditempatkan di Mall Pelayanan Publik di kawasan Pasar Banyuwangi. Pemilihan tempat itu, selain dinilai nyaman juga untuk mengenalkan pada masyarakat mengenai MPP yang baru diresmikan Bupati Banyuwangi Abdulla Azwar Anas beberapa waktu lalu.

"Kita bikin acara ini dengan mengambil dari kearifan lokal, mulai dari desainer, dan semua yang terlibat dalam Banyuwangi Fashion Festival juga semua lokal. Baik nanti UMKM dan pelaku seni lainnya," kata Ketut, Kamis (12/10/2017).

Batik Banyuwangi, kata Ketut, masih menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam acara ini. Pasalnya selain menjadi ajang pengembangkan potensi batik, acara ini juga untuk mengangkat para pengrajin batik maupun para desainernya.

"Nanti ada sekitar 9 desainer lokal yang akan terlibat dan 30 model yang akan menampilkan karya mereka," ucapnya.

Hingga kini, lanjut Ketut, di Banyuwangi terdapat lebih dari 40 IKM batik. Jauh lebih meningkat 10 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

"Dulunya hanya empat IKM. Batik tulis khas Banyuwangi sangat diminati. Bahkan saat ini ketut mengaku kekurangan pembatik," ujarnya.

Menurut  Ketut hadirnya beberapa festival, kian membuat semua sektor tergerak terutama IKM. Hal ini membuktikan, festival yang digagas oleh pemerintah daerah setempat tak hanya menunjukan kesan gelaran semata. Melainkan mampu menggerakkan IKM dan partisipasi publik dalam memajukan daerah. [rin/but]

Tag : fashion

Komentar

?>