Jum'at, 17 Agustus 2018

Kunjungi Keraton Sumenep, Wisman Disuguhi Tembang Macopat

Senin, 02 Oktober 2017 14:13:18 WIB
Reporter : Temmy P.
Kunjungi Keraton Sumenep, Wisman Disuguhi Tembang Macopat

Sumenep (beritajatim.com) - Sebanyak 101 turis mancanegara mengunjungi sejumlah objek wisata di Sumenep. Diantaranya Museum dan keraton Sumenep, Masjid Jamik, serta Pantai Sembilan.

"Wisatawan mancanegara itu diantaranya berasal dari Jerman dan Australia. Dari 110 wisman, 43 diantaranya mengunjungi Keraton dan Masjid Jamik. Sedangkan sisanya menikmati wisata pantai. Mereka berjemur di atas kapal pesiar," kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, Senin (02/10/2017).

Saat tiba di Keraton, para tamu asing tersebut disambut dengan kesenian tradisional seperti tari dan tembang macapat.

"Kami sengaja menyuguhkan kesenian-kesenian tradisional, karena memang para turis asing ini lebih suka menikmati tarian dan musik tradisional. Ini sekaligus upaya kami melestarikan budaya tradisional," ujar Sofi, sapaan akrab Sufiyyanto.

Selain disambut kesenian tradisional, para turis asing itu juga disuguhi sederet makanan ringan khas Sumenep seperti apen gula merah, getas, kripik singkong, dan rengginang lorjuk. Mereka juga dipersilahkan mencicipi minuman khas Sumenep, yakni 'Pokak' (minuman berbahan dasar jahe dan gula merah: red).

"Sejauh ini, Alhamdulillah, para turis asing ini mengaku sangat menikmati kunjungan ke Sumenep. Menurut mereka, objek-objek wisata di Sumenep sangat luar biasa. Masih indah dan alami," ucapnya.

Berdasarkan data di Disparbudpora Sumenep, selama 2017 hingga awal bulan Oktober, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumenep mencapai 3.000 orang lebih.

"Kami optimis, hingga akhir tahun 2017, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumenep akan mencapai 5.000 orang seperti yang kami targetkan. Untuk mendongkrak kunjungan wisman, masih ada beberapa even menarik yang akan kami gelar," tandasnya. (tem/kun)

Komentar

?>