Jum'at, 22 September 2017

Kue Bulan Kulit Salju Tidak Dipanggang tapi Didinginkan

Rabu, 30 Agustus 2017 17:37:41 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Kue Bulan Kulit Salju Tidak Dipanggang tapi Didinginkan

Surabaya (beritajatim.com) - Bagi orang Hokkian Festival musim gugur atau festival kue bulan (Zhong Qiu Jie) dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek. Untuk tahun ini perayaan tersebut jatuh pada 4 Oktober.

Kue bulan menjadi sajian yang wajib hadir dalam perayaan tahunan itu. Karena masih sebulan lagi, masih cukup waktu untuk mempersiapkan perayaan tersebut di rumah.

Yang dilakukan Nick Ng di Shangri-La Hotel, Rabu (30/8/2017) bisa menjadi referensi. Jika biasanya di oven, kini hotel berbintang ini membuat variasi kue bulan lebih berbeda. Ada yang menggunakan cara konvensional dengan memanggang. Ada pula yang menggunakan kulit seperti mochiyang disebut snowskin moon cake. Warna kulitnya putih. Lebih enak disajikan dalam kondisi dingin.

Chef asal Malaysia itu membuat kue bulan berdiameter 7,5 cm. Meski kulitnya berbeda dengan kue bulan pada umumnya, ciri khas dari moon cake tetap ada. Yakni, bahan kuning telur bebek yang diletakkan di bagian tengah adonan. Pemilihan kuning telur pun tidak boleh sembarangan. Kuning telur sebaiknya berwarna jingga kemerahan. Hal tersebut melambangkan bulan purnama. ''Dan jangan yang mudah pecah,'' ungkap Nick.

Dia mencontohkan pembuatan kue bulan dalam dua jenis. Yakni, dipanggang dan didinginkan. Adonan dalam kue bulan sudah rampung dengan berbagai variasi rasa. Di antaranya, green tea, cokelat, white lotus, dan pandan. ''Yang beda adalah proses buat kulitnya,'' ucap Nick dalam bahasa Inggris.

Bahan-bahan yang digunakan untuk kulit kue bulan, antara lain, gula bubuk, tepung ketan, dan mentega. Setelah tercampur, Nick memipihkan adonan dengan menggunakan roll. Mencetak adonan ke dalam bentuk lingkaran menjadi proses selanjutnya. Ukurannya disesuaikan dengan adonan dalam kue bulan. ''Mau bentuk kecil maupun besar juga tidak masalah. Tidak ada ukuran pakemnya,'' jelas pria kelahiran Kuala Lumpur, Malaysia, tersebut.

Untuk cara konvensional, kue bulan dipanggang selama 40-50 menit. Warna kulit kue yang berubah menjadi cokelat merupakan penanda kue matang. Pada snowskin, kue bulan didinginkan dalam lemari es sampai dingin.

Cara penyimpanan kue bulan dengan snowskin memang terbilang lebih spesial. Ia tidak tahan lama-lama di suhu ruangan. Kue bulan jenis itu hanya mampu bertahan selama lima hari setelah proses pembuatan. Sementara itu, kue bulan panggang memiliki daya tahan yang lebih lama, yakni 10 hari dalam suhu ruangan. [way/but]

Tag : kuliner

Komentar

?>