Jum'at, 25 Mei 2018

Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Banjir Apresiasi

Senin, 28 Agustus 2017 16:55:29 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Banjir Apresiasi

Surabaya (beritajatim.com) - Banjir apresiasi ditujukan pada pentas seni perkumpulan ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara. Warga maupun pengamat seni memberikan ucapan selamat sekaligus dukungan terhadap pentas bertema 'Ludruk Kebangsaan', Minggu (27/8/2017).

Pentas yang merupakan puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini seperti menghapus dahaga akan pergelaran ludruk yang dalam beberapa tahun terakhir cenderung sepi di Surabaya. Tak heran, penonton antusias untuk beramai-ramai datang.

Tapi bukan sekadar klangengan atau kembali ke masa silam. Pentas ludruk yang digagas dan digawangi oleh Meimura ini mengambil tema, cerita, dan banyolan kekinian. Pakem teknik dijalankan dengan dipadukan dengan bentuk yang lebih kontemporer.

Usai pentas, diskusi pun digelar. Kehangatan peserta diskusi ternyata tidak kalah dengan semarak saat ludruk dipentaskan. Nama-nama tokoh seni yang selama ini berkibar di Surabaya maupun Jawa Timur terlibat di dalamnya. Tercatat ada nama Prof Dr Sutanto Supiadi, Prof Dr Setya Yuwono Sudikan, Dr Autar Abdillah, Dr Gancar Barmantio, Dr Suko Widodo, Anom Surahno, Gasman Gazali SH, Budi Palopo, dan lain-lain.

Prof Setya Yuwono secara eksplisit memberikan dukungan moral dan spiritual kepada seluruh awak ludruk. Dia berharap awak ludruk untuk terus melakukan pencarian, bergerak menyikapi kezaliman. "Kezaliman ini bisa menimpa siapa saja, sekalipun hidup di negeri sendiri," begitu ucapnya.

Sementara itu, pentolan ludruk Tobong Irama Budaya SN, Meimura mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Surabaya. "Kami ucapkan banyak terima kasih juga kepada semua komunitas yang turut hadir atau merespon. Antara lain Ludruk Arboyo, Marsudi Laras, Taman Hira, Gema Budaya, Srimulat, Luntas, Teater Ragil, Aksera, BP PAN, Laskar Garuda, Muda Mudi Demokrat, PDIP, Gerindra, PKS, Golkar, PKB, Hanura, PPP, Parfi Jatim, dll," papar Meimura. [but]

Komentar

?>