Sabtu, 21 Oktober 2017

Presiden Jokowi Sebut JFC Ikon Indonesia

Minggu, 13 Agustus 2017 18:15:57 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Presiden Jokowi Sebut JFC Ikon Indonesia

Jember (beritajatim.com) - Jember Fashion Carnaval menuai pujian dari Presiden Joko Widodo. Ia menegaskan, bahwa Kabupaten Jember di Jawa Timur adalah 'Kota Karnaval Indonesia'.

"Jember (Fashion Carnaval) bukan hanya ikon Jember, tapi ikon Indonesia. Ini yang harus terus dikembangkan," kata Jokowi, saat jumpa pers seusai acara pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 7, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017).

Jokowi sudah meminta kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk berkolaborasi dengan Presiden JFC Dynand Fariz. "(Tujuannya) untuk membikin (karnaval) tingkat Indonesia untuk dipromosikan di tingkat internasional, dalam rangka pariwisata," katanya.

JFC bisa digelar setiap tahun sebagai pergelaran tingkat nasional. Sementara untuk karnaval tingkat internasional yang membetot wisatawan dalam skala luas, bisa dilaksanakan tiga tahun sekali. Pembicaraan soal itu dilakukan hari ini juga.

Jember Fashion Carnaval adalah karnaval fesyen jalan terbesar di dunia yang menggunakan jalan raya sebagai catwalk sepanjang 3,6 kilometer. Tahun ini, JFC memasuki tahun penyelenggaraan ke-16.

JFC digelar selama empat hari, 10-13 Agustus 2017. Acara dibuka dengan Kids Carnival pada 10 Agustus, disusul Artwear Carnival pada 11 Agustus, WACI (Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia) pada 12 Agustus, dan puncaknya Grand Carnival pada 13 Agustus. JFC kali ini melibatkan dua ribu peserta.

Tahun ini JFC mengusung tema besar 'Victory'. "Victory adalah kemenangan Jember Fashion Carnaval untuk prestasi tingkat dunia. Kemenangan JFC sekaligus kemenangan Indonesia di berbagai negara," kata Dynand.

Jokowi menyaksikan JFC hari ini bersama sang istri Iriana dan para menteri. "Kita memiliki potensi, kita memiliki kekuatan dalam industri kreatif, utamanya dalam karnaval. Pernik-perniknya banyak sekali dan bisa dipakai untuk mengembangkan ekonomi industri kreatif di bawah," pujinya. [wir/but]

Tag : jfc

Komentar

?>