Selasa, 25 Juli 2017

Ratusan Bule Menari di Ajang Cross Culture Jalan Pangsud Surabaya

Minggu, 16 Juli 2017 11:28:11 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Ratusan Bule Menari di Ajang Cross Culture Jalan Pangsud Surabaya
Sejumlah penari dari Manca Negara menari di Jalan Pangslima Sudirman Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Ratusan Bule menari di Jalan Panglima Sudirman Surabaya, Minggu (16/7/2017).

Mereka mengikuti acara yang digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya yakni Cross Culture International Folk Art Festival 2017. Beberapa diantaranya berasal dari Slovakia, Lithuania, Polandia, Kanada, Rusia, China, Thailand juga Guangzhou China.

Dengan mengenakan pakaian khas masing - masing negara mereka terlihat semangat menarikan tarian - tarian tradisionalnya, ditambah dengan teriakan semangat oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini

"Ayo mana semangatnya. Beri tepuk tangan semua," teriak Risma.
    
Para peserta CCI sebelumnya diarak menggunakan becak dan sepeda hias dari Taman Bungkul, Tugu Karapan Sapi hingga Bambu Runcing. Satu becak dinaiki oleh satu pasangan.
    
Untuk penari dari Indonesia, Pemkot Surabaya menampilkan dari daerah Bali, Jawa Barat, Jogjakarta, Aceh, Jakarta dan Surabaya selaku tuan rumah.
    
Saat di Bambu Runcing sejumlah penari telah siap memperagakan tari-tarian  khas negaranya masing-masing, salah satunya penari Kanada yang mengunakan pakaian tradasional mereka. Selain itu, mereka juga membawa alat musik dari negaranya.
    
Selain Kanada, tampak juga peserta lain dari Perancis yang juga ikut meramaikan CCI dengan cara memperagakan kesenian Les Grandes Personnes atau tarian boneka raksasa.
    
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Widodo Suryantoro berharap ada manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Surabaya yakni adanya transfer pengetahuan dalam hal kreasi kesenian.
    
"Dengan seniman luar yang punya inovasi bagus dalam seni datang ke sini, kita bisa dapat referensi. Sanggar-sanggar tari juga mendapatkan transfer kreasi seni," tutupnya.(rif/ted)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>