Selasa, 25 Juli 2017

Patung Penari Dipamerkan Oleh Seniman Asal Jogjakarta

Minggu, 16 Juli 2017 09:38:54 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Patung Penari Dipamerkan Oleh Seniman Asal Jogjakarta

Surabaya (beritajatim.com) - Jiwa seni seseorang merupakan potensi yang dapat ditonjolkan sebagai sebuah identitas dalam proses berkarya seorang indvidu. Proses pencarian tersebutlah divisualisasikan oleh Seniman kenamaan Yogyakarta, Purjito dalam pameran tunggal seni patung di Galeri Art House of Sampoerna.

Dalam pameran yang bertema Dibalik Senyap ini, Purjito memarken beberapa patung dan lukisan miliknya.

Tak hanya itu, Purjito juga memberikan demo membuat patung dengan teknik modelling. Dalam persiapannya untuk mendemokan cara membuat patung Purjito hanya membutuhkan bahan tanah liat asli dari Purwokerto dan Beso yang dibentuk untuk kerangkanya.

"Kali ini saya akan menbuat patung sosok seorang penari perempuan. Saya gunakan tanah liat asli Purwokerto karena elastis jika terkena air tidak becek jika kering tidak kaku," ujarnya, Minggu (16/7/2017).

Untuk tambahannya Purjito menuturkan pertama dilakukan perangkaian besi, selanjutnya modeling dengan tanah liat menggunakan tangan kosong dan dibantu kayu untuk pembentukannya. "Lalu dikeraskan dengan veber," ucapnya.

Menariknya dalam membuat patung, Purjito selalu menggunakan perhitungan skala. Hal ini sangat membantunya untuk menyelesaikan layaknya benda hidup nyata. "Karena akurasinya mencapai 90 persen," tandasnya.

Purjito mengakui tidak pernah merasakan kesulitan dalam membuat patung. Ia hanya terkendala dengan meyakinkan ide yang ada di dalam benaknya. "Saya kalau sudah ada pandangan buat patung seminggu selesai," ungkapnya.

Purjito sendiri sudah memiliki lebih dari 200 karya patung. Di mana pada tahun 2002 Ia menyelasaikan 30 patung hanya membutuhkan kurun waktu dua bulan saja. [way/ted]

Tag : patung

Komentar

?>