Selasa, 25 Juli 2017

Sensasi Lezatnya Menu Spanyol Hadir Pertama Kali di Surabaya

Kamis, 13 Juli 2017 11:12:55 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Sensasi Lezatnya Menu Spanyol Hadir Pertama Kali di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Tak perlu jauh ke Spanyol untuk mencicipi lezatnya kuliner khas Eropa ini, di Surabaya tepatnya di El Churro Cafe, Pakuwon Mall anda bisa mencoba sensasi menu khas Spanyol pertama di Indonesia.

Seperti dua perempuan ini, Tengok saja yang dilakukan oleh Nita Liana dan Abir,  Dua sahabat ini mengaku suka dengan lagu Despacito.

Alhasil, mereka ingin berburu kuliner khas Spanyol. Bukan hanya makanan yang dicari. Tapi juga suasana yang mendukung.

Abir menceritakan suka berburu tempat makanan yang asyik. Sajian masakan harus enak. Karena, lanjutnya, suasana kafe dapat memberikan pengaruh pada makanan. “Kalau cari makanan Spanyol, ya ke kafe khusus masakan Spanyol,” jelas perempuan 26 tahun ini.

Mulai dari camilan hingga menu berat. Minuman ala Spanyol pun tak terlewatkan. Menu camilan yang dimaksud adalah churros alias donat ala Spanyol. Kudapan berbentuk panjang dengan rasa gurih di bagian luar. Churros ini sebenarnya sudah booming di Surabaya sejak dua tahun lalu. Tapi makanan ini kembali naik daun seiring dengan lagu Despacito.

Abir dan Nita memilih tiga jenis saus sebagai cocolan churros. Antara lain susu, cokelat, dan stroberi. Selain churros, mereka juga berburu makanan Spanyol lainnya. Yakni Paella dan Quesadilla de Atun.

Paella adalah nasi dengan bumbu khas Spanyol lalu disajikan dengan seafood dan salad. Sedangkan, Quesadilla de Atun adalah pizza Spanyol yang terdiri atas lapisan roti sangat tipis dengan isian tuna, paprika, dan mozarella. Yang unik, menu ini disajikan dengan minyak zaitun dan cuka balsamik.

Menu dihidangkan secara bergantian. Sambil menunggu, mereka juga menikmati live cooking masakan Spanyol yang dipesan. Chef Bib Trionggo mempertunjukkan cara pembuatan churros. Masak churros, menurutnya, susah-susah gampang. Susah karena memang butuh waktu lama dalam prosesnya. Tapi, gampang kalau adonan sudah jadi.

Tidak boleh sembarangan membuat adonan churros. Adonan harus direbus selama 4 jam sebelum cetakan churros masuk dalam tahap penggorengan. “Ini membuat teksturnya lebih lembut,” ujar pria 37 tahun ini.

Dia melanjutkan churros menjadi menu primadona. Rasanya gurih. Dapat dipadukan dengan berbagai variasi saus cocolan. “Jadi yang makan nggak merasa bosan,” katanya. Makan di saat kapan pun juga cocok.

Sementara itu, Salim Basalamah menerangkan orang berburu makanan memang tak cukup enak dirasakan. Penting juga tempat yang mengasyikkan. “Saya rasa ini dapat menjadi tempat pilihan baru,” kata Owner El Churro Cafe tersebut.[way/ted]

Tag : kuliner

Komentar

?>