Selasa, 26 September 2017

Jelang Yadnya Kasada

Warga Suku Tengger Gelar Ritual Suci di Madakaripura

Jum'at, 07 Juli 2017 23:09:07 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Warga Suku Tengger Gelar Ritual Suci di Madakaripura
Suku Tengger Bromo saat melakukan ritual suci

Probolinggo (beritajatim.com) - Menjelang perayaan Yadnya Kasada pada 9-10 Juli 2017, warga suku Tengger Bromo mulai melakukan sejumlah persiapan, salah satunya menggelar ritual suci di area air terjun Madakaripura, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Ritual suci yang mereka lakukan ini dengan melakukan proses mendaktirta. Yakni, pengambilan air suci dari 4 titik di 4 Kabupaten, di antaranya Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang.

Untuk Kabupaten Pasuruan pengambilannya di Widodaren, kemudian di Kabupaten Malang bertempat di Ranu Pani, Kabupaten Lumajang pengambilannya di sumber air kloset, serta Kabupaten  Probolinggo pengambilan air suci di air terjun Madakaripura Kecamatan Lumbang.

Sebelum mengambil air suci, para umat hindu berhenti sejenak untuk ritual permohonan izin terlebih dahulu di Pura Madakaripura. Ritual permohonan izin itu ditujukan kepada yang mempunyai wilayah, yakni Eyang Madakaripura yang dipimpin oleh pandita.

"Pengambilan air suci ini dilakukan oleh umat Hindu Tengger, yaitu setiap tahun sekali menjelang perayaan Yadnya Kasada," ujar Ketua Parasida Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, Bambang kepada beritajatim.com, Jumat (7/7/2017).

Menurutnya, sebelum mengambil air suci, setiap kali di Madakaripura pihaknya harus meminta izin kepada yang mempunyai wilayah. "Kami sebagai Umat Hindu, sebelum mengambil air di Madakaripura harus melakukan ritual permohonan izin kepada yang memiliki wilayah yakni Eyang Madakaripura," imbuhnya.

Ia menambahkan, air suci tersebut nantinya digunakan untuk upacara Melasti yang dilakukan pada Sabtu 8 Juli 2017, yang merupakan rangkaian acara Yadnya Kasada.

"Setelah itu, air dari ke-empat titik ini akan kami gunakan pada upacara melasti. Tradisi Melasti adalah kegiatan mensucikan alat-alat yang akan digunakan pada saat Yadnya Kasada," tutupnya. [oci/suf]

Tag : tradisi bromo

Komentar

?>