Rabu, 26 Juli 2017

Disparibud Pamekasan Prioritaskan Seni Budaya dan Pariwisata

Sabtu, 06 Mei 2017 21:52:34 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Disparibud Pamekasan Prioritaskan Seni Budaya dan Pariwisata

Pamekasan (beritajatim.com) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pamekasan tengah fokus membina seni budaya dan pengembangan pariwisata di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Padahal tercatat sekitar 17 cagar budaya yang tersebar di berbagai titik Pamekasan yang semestinya harus menjadi perhatian serius, di antaranya Museum Mandilaras dan Makam Ronggosukowati.

"Situs-situs yang sudah ada secara rutin kita lakukan pemeliharaan, meliputi pembenahan sarana dan lainnya. Kami belum konsentrasi pada cagar budaya, tapi sekarang masih ngurus seni budaya dan pariwisata," kata Kepala Disparibud Achmad Sjaifuddin, Sabtu (6/5/2017).

Selain itu, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti tentang ketersediaan anggaran untuk pemeliharaan cagar budaya. "Tapi yang pasti, pemeliharaan akan terus kami lakukan demi menjaga situs bersejarah itu," ungkapnya.

Lebih lanjut pihaknya menegaskan sekaligus komitmen untuk tetap menjaga dan melestarikan cagar budaya yang notabene menjadi aset berharga pemerintah. "Dalam waktu dekat kita akan segera mengidentikasi beberapa cagar budaya yang ada di Pamekasan," tegasnya.

"Mungkin kedepan bisa dibuatkan buku dan semacamnya, sehingga situs-situs (cagar budaya) itu bisa menjadi khazanah kekayaan budaya kita. Sekaligus menjadi bagian dari upaya pemeliharaan cagar budaya," pungkasnya. [pin/suf]

Tag : seni budaya

Komentar

?>