Sabtu, 27 Mei 2017

Member Party Gay, 5 Orang Positif Mengidap HIV

Selasa, 02 Mei 2017 18:09:24 WIB
Reporter : Ragil Priyonggo
Member Party Gay,  5 Orang Positif Mengidap HIV
AKBP Shinto Silitonga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya

Surabaya(beritajatim.com) - Usai dilakukan tes kesehatan pada 14 orang yang diamankan saat gelar Party Gay di hotel Oval Jalan Diponegoro ada temuan baru yaitu 5 orang dinyatakan positif mengidap HIV.

Virus ini diketahui pada waktu Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes, Senin (1/5) kemarin yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya,  melakukan pengujian secara fisik terhadap para pelaku member party gay termasuk saksi.

Bahwa pengujian secara fisik IMS (Inveksi Menular Seksual) dengan mengambil cairan pada alat kelamin masing-masing. Dan hasilnya dibawa ke laboratorium untuk melakukan pengecekan spilis atau GO.

"Dari pemeriksaan ini memang masih menggu hasil laboratories. Selain itu Dinas juga melakukan pengecekan dengan metode Ripped Test khusus untuk melihat apakah terhadap yang bersangkutan ada virus HIV. Juga dilapis dengan pemeriksslaan darah, jadi akurasinya 99 persen," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Shinto Silitonga, Selasa (2/5/2017).

Menurutnya, yang cukup mengejutkan dari hasil pemriksaan ini, dikarenakan dari 14 orang yang ketika itu, diperiksa ternyata 5 diantaranya memang positif mengidap HIV.

"Dan ini memang akan kita informasikan baik kepada keluarga maupun kepada penjaga tahanan kita atau satuan Tahti, untuk bisa memberikan perhatian lebih kepada para tersangka ini, dalam tahap proses penyembuhannya kedepan," lanjut Shinto.

Sedangkan 6 orang yang diperiksa sebagai saksi tetap dipulangkan dengan konsekuensi dalam pembangunan konstruksi berkas perkara kedepan, mereka bersedia untuk diminta keterangan kapanpun oleh penydik.

"Jadi pemanggilan mereka kembli tergantung pada kebutuhan pembangunan berkas perkara oleh penyidik. Semuanya itu ada 14 tersangka, dari 14 orang itulah ada yang terlibat mengidap HIV, yakni 4 dari tersangka dan 1 dari saksi," jelasnya.

Sementara itu, terkait pesta gay ini sendiri, Shinto menerangkan, memang yang dilakukan oleh penyelenggara, dirinya bisa melihat animo. Penyelenggara mempunyai keyakinan bahwa sudah banyak yang ingin bahkan sudah mengikuti pesta, hingga digrebek.

"Itu optimisme dari si penyelenggara bahwa animo di Surabaya cukup tinggi," pungkasnya.[gil/ted]

Tag : seks

Komentar

?>