Jum'at, 23 Juni 2017

Serunya Lomba 'Wiru Jarit' di Hari Kartini

Jum'at, 21 April 2017 14:26:48 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Serunya Lomba 'Wiru Jarit' di Hari Kartini

Jombang (beritajatim.com) - Banyak cara yang dilakukan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Namun peringatan yang dilakukan salah satu SMA swasta di Jombang ini terbilang unik.

Sekolah tersebut menggelar lomba 'wiru jarit' yang diikuti oleh murid-muridnya. Yakni, memberikan hiasan lipat pada kain panjang yang biasa digunakan oleh perempuan. Meski terlihat sederhana, para peserta terlihat kesulitan.

Apalagi, lomba wiru jarit itu dilakukan secara manual atau tanpa bantuan peralatan. Para pelajar kesulitan karena hal itu merupakan pengalaman pertama. "Saya tidak pernah pakai jarit (kain bawahan kebaya). Jadi tadi kesulitan saat menbikin lipatan untuk menghias," kata Dani Eko Fibrianto, Jumat (21/4/2017).

Perlombaan itu semakin meriah. Karena pesertanya bukan hanya murid perempuan. Akan tetapi, murid laki-laki juga mengikuti lomba dalam rangka peringatan Hari Kartini itu. Bagi yang berhasil menjadi juara, mendapatkan hadiah yang sudah disediakan oleh panitia.

Sri Hartami, panitia lomba mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara tersebut sebagai motivasi para murid. Yakni, agar mereka lebih menghormati perjuangan perempuan tempo dulu. Utamanya RA Kartini.

"Di Hari Kartini ini para murid diharapkan bisa meneladani perjuangan perempuan. Karena emansipasi wanita tidak lepas sosok RA Kartini," pungkas Sri Hartami. [suf/kun]

Komentar

?>