Selasa, 27 Juni 2017

Modernisasi Kebaya dengan Tambahan Cape

Rabu, 19 April 2017 15:23:27 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Modernisasi Kebaya dengan Tambahan Cape

Surabaya (beritajatim.com) - Kebaya kini menjadi sebuah fashion yang diburu oleh para wanita dengan pemilihan siluet tubuh yang menjadi fokus utama. Cutting fit body dengan bahan kain tradisional menambah identitas kebaya. Inilah yang ditampilkan oleh enam desainer dalam fashion show di Informa, Royal Plaza, Selasa (19/4/2017).

Mereka antara lain Ayok Dwipancara, Djoko Sangsoko, Imam Mustafa, Wiwied Mayangsari, Elok Rege Napio, dan Astrid Estrelita. Dengan lini kebaya, masing-masing desainer memberikan sentuhan sesuai dengan spesialisasi masing-masing.

Kebaya termasuk gaun. Tapi gaun belum tentu dikatakan kebaya. “Kebaya selalu menjadi hal unik. Ada beberapa hal yang membuat berbeda,” ujar Ayok.

Salah satunya terlihat pada cutting kebaya. Yakni menonjolkan lekukan badan pemakainya. Ada yang two piece, dan ada pula yang three piece.

“Panjangnya selalu menutupi mulai leher hingga ujung mata kaki,” tambah desainer asal Surabaya tersebut.

Bentuk inilah yang membuat pemakai kebaya selalu tampak elegan. Kesederhanaan khas perempuan Indonesia juga terlihat.

Lebih lanjut dikatakan Ayok, kebaya mengalami perkembangan. Tetap berpakem pada bentuk tersebut, modifikasi dilakukan untuk mengikuti tren.

Dia memberikan warna pada kebaya dengan tambahan cape berupa kain selendang. Dengan mengurung tema Prameswari, Ayok mendesain kebaya dalam berbagai warna. Antara lain tosca, hitam, merah, dan hijau. Perpaduan ini diungkapkan dengan berbagai macam kain.

“Kain batik Jawa Tengah, jarik, dan ukiran motif Jepara,” terangnya.

Dalam satu busana, lanjutnya, dapat terdiri atas dua hingga tiga warna. Main tabrak warna inilah yang membuat kebaya tampak lebih modern. Sisi glamor juga terlihat. Jadi, kebaya sesuai digunakan untuk pesta. Lalu dia memberikan variasi juga pada potongan leher, yakni seolah-olah berbentuk V-neck, seperti gaun.

Hanya saja, Ayok menggabungkannya dengan kain lace dan kain brokat yang menjulur hingga leher. Potongan ini juga menyambung pada aksesoris cape selendang hitam. “Selendang ini bisa dilepas. Jadi terlihat lebih formal,” katanya. [way/but]

Tag : fashion

Komentar

?>