Minggu, 30 April 2017

Wisata Lumajang Dijuluki Surga Dunia, Namun Sayang...

Selasa, 18 April 2017 00:00:40 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Wisata Lumajang Dijuluki Surga Dunia, Namun Sayang...

Lumajang(beritajatim.com) - Belasan biro perjalanan wisata se-Jawa Bali sangat kagum dengan keindahan alam yang dimiliki Lumajang. Mereka melihat ada surga dunia di kaki Gunung Semeru.

Hal ini disampaikan saat,  Sarasehan "Bisnis Destinasi Wisata Kabupaten Lumajang" di Hall Hotel Graha Mulia, Minggu(16/4/2017) malam. Para pemilik biro perjalanan bisa mengenal Lumajang saat melakukan Famtrip Tourism selama 2 hari.

"Alam Lumajang ini seperti surga, ada air terjun, pesona gunung luar biasa serta perbukitan yang unik," ujar Dr. Sarbini, pemilik Biro Perjalanan di Jogjakarta.

Dia mengaku takjub dengan air terjun Tumpak Sewu, kondisi alam di puncak B-29 dalam melihat panorama Gunung Bromo dan matahari terbitnya. Alam pegunungan yang masih perawanan dan belum dikenal sehingga bisa jadi wisata alternatif baru bagi wisatawan mancanegara.

"Ada alam yang berbeda di Lumajang, tinggal bagaimana Disparbud (Dinas Pariwisata dan Budaya) menjualnya," jelas pria yang juga dosen kepariwisataan.

Haris pengelola Obyek Wisata Goa Pindul Gunung Kidul mengaku dirinya tak menyangka Lumajang memiliki wisata alam yang luar biasa.  Namun sayang, hal itu belum dikelola secara maksimal.

"Jika Goa Pindul bisa menyumbang pendapatan daerah Rp 27 miliar setahun, Lumajang bisa lebih dari itu jika dikelola dan dipasarkan," ungkapnya.

Sementara, Kepala Disparbud Deni Rohman mengaku banyak mendapat masukan dan kritikan dalam memasarkan obyek wisata Lumajang. Apalagi akan didukung oleh pelaku wisata di biro perjalanan se-Jawa Bali.  "Kita mendapat  banyak ilmu dan tawaran kerjasama, inilah tantangan kita kedepan," paparnya. [har/suf]

Komentar

?>