Minggu, 24 September 2017

Ribuan Warga Banjiri 'Pasoeroean Jaman Bijen 2017'

Sabtu, 01 April 2017 01:03:45 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Ribuan Warga Banjiri 'Pasoeroean Jaman Bijen 2017'

Pasuruan (beritajatim.com) - Ribuan warga berduyun-duyun mendatangi event Pasoeroean Jaman Bijen (PJB) 2017. Event tahunan yang digelar di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Pasuruan ini, akan berlangsung hingga Minggu (2/4/2017).

Event tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Setiyono. Selain untuk memperingati hari jadi Kota Pasuruan yang ke-331,  Event PJB juga bertujuan untuk menggugah kembali kebangkitan Kota Pasuruan menjadi daerah yang maju dan makmur.

"Sampai saat ini banyak dijumpai gedung-gedung kuno di wilayah Kota Pasuruan. Makanya pemerintah pusat, telah menetapkan Kota Pasuruan sebagai Kota Pusaka," ujar Wali Kota Pasuruan, Setiyono dalam sambutannya, Jumat (31/3/2017).

Ia menambahkan, pada zaman dulu Belanda menjadikan Kota Pasuruan sebagai kota industri, perdagangan dan jasa yang disokong keberadaan pelabuhan Tanjung Tembikar.

"Selain itu, puluhan perusahaan gula yang tersebar di Indonesia, peralatannya juga dipenuhi dari Kota Pasuruan. Sehingga tak heran jika kemudian ditunjang dengan pusat penelitian gula terbesar di dunia yang sekarang menjadi Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia," terangnya.

Pasoeroean Djaman Bijen ini menampilkan 100 stan yang menjual berbagai macam produk unggulan dari kota Pasuruan. Mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, pameran kesenian dan budaya hingga jasa. Acara dibuka mulai pukul 15.00-22.00 WIB.

Selain itu, sekitar seratus stand berasal dari OPD (organisasi perangkat daerah), UKM, komunitas seni dan budaya, sekolah hingga masyarakat umum. [oci/suf]

Tag : budaya

Komentar

?>