Jum'at, 28 April 2017

Pemerintah Pilih Banyuwangi untuk Proyek Wisata Desa

Sabtu, 25 Maret 2017 12:32:19 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Pemerintah Pilih Banyuwangi untuk Proyek Wisata Desa

Banyuwangi (beritajatim.com) - Salah satu pemicu yang dilakukan Kementrian Pariwisata dalam pertumbuhan wisata di Banyuwangi yaitu mendorong adanya pengembangan destinasi baru di pedesaan. Kondisi ini terbukti mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke tempat ini.

"Hal itu untuk melakukan transformasi ilmu pengetahuan tentang pengembangan pariwisata pedesaan di Banyuwangi," ungkap Kepala Bidang pengembangan destinasi wisata pedesaan dan perkotaan, Kemenpar, Norwan, Sabtu (25/3/2017).

Kata Norwan, Banyuwangi dipilih untuk proyek pengembangan pariwisata di Pedesaan lantaran memiliki progres kunjungan wisata yang luar biasa. Ia menyebut, dari tahun ke tahun kunjungan wisman terus mengalami peningkatan yang segnifikan.

"Dibanding daerah lain di Indonesia, kunjungan wisman di Banyuwangi naik cukup signifikan," ujarnya.

Hal ini, lanjut Norwan, perlu adanya percepatan konsep wisata ini yang diimplementasikan dengan sumber daya alam dan manusianya. Ini juga harus segera dimulai dengan cara menyusun konsep pariwisata yang bersinergi dengan desa.

"Masyarakat bisa mulai menyusun pola perjalanan wisata di Banyuwangi berbasis desa. Tidak hanya itu, masyarakat di didesa juga didorong juga bisa meningkatkan kelembagaan, kemitraan guna menjual paket wisata," terangnya.

Jika peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi ini terus meningkat, bukan tidak mungkin target Kemnpar bakal terlampaui. Terlebih, Banyuwangi juga telah memiliki sektor pemicu peningkatan wisman lainnya yakni melalui festival tahunan yang diselenggarakan pemerintah daerah..

"Target capaian wisman ke Indonesia yang dicanangkan kemenpar  sebesar 15 juta wisman. Kami dorong agar Banyuwangi terus konsisten mengembangkan pontensi destinasi wisata di desa dan perkotaan, guna mencapai 20 juta kunjungan wisman di Indonesia tahun 2019,” tandasnya. [rin/but]

Komentar

?>