Rabu, 26 Juli 2017

Ini Cerita Bule Polandia Ikut Prosesi di Ponorogo

Jum'at, 24 Maret 2017 10:29:46 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ini Cerita Bule Polandia Ikut Prosesi di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) - Budaya Indonesia seperti tak habis-habisnya. Dan selalu ada yang menarik untuk dipelajari.

"Indonesia itu kaya budaya. Tak rugi saya bolak balik dari Polandia ke Indonesia. Saya melakukan perjalanan bolak-balik hampir tujuh tahun," kata Karolina Nieduza, bule asal Polandia yang hadir dalam acara Umbul Dongo Sampung, Jumat (24/3/2017).

Karolina merupakan seorang master performance art juga film maker ini tengah menyusun penelitian terkait ritual keagamaan di Indonesia. Dia mengaku menyukai budaya Indonesia terutama saat ritual keagamaan.

Saat terlibat di acara Umbul Dungo, ia mengaku senang dan bangga bisa ikut ambil bagian. "Ini pengalaman pertama saya ikut dalam Umbul Dungo dan ini menarik," tambahnya.

Menurutnya, ritual keagamaan dengan cara berterima kasih tidak hanya pada Tuhan tetapi juga berterima kasih pada makanan yang akan dimakan sangat menarik. Bahkan dia mengambil penelitian tentang hal itu.

Saat terlibat dalam umbul dungo, dia berlatih langsung kepada Suprapto Suryo Darmo, seniman budaya Jawa. Melalui Mbah Prapto sapaan akrab Suprapto inilah Karolina belajar berbagai adat Jawa. "Saya belajar banyak dari mbah Prapto. Mulai budaya, agama semuanya saya pelajari. Saya bertambah ilmu. Tugas saya juga lebih mudah selesai," katanya.

Khusus untuk acara Umbul Dungo di Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Karolina sudah berlatih selama 10 hari terakhir. Karolina merasa berlatih selam 10 hari memang kurang. "Namun semuanya berjalan lancar. Saya akan terus berlatih dan belajar. Memahami kebudayaan termasuk di Ponorogo," pungkasnya. (mit/kun)

Komentar

?>