Selasa, 21 Nopember 2017

Hari Air, Guru SAIM Pentaskan Teater di Depan Murid

Kamis, 23 Maret 2017 00:08:57 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Hari Air, Guru SAIM Pentaskan Teater di Depan Murid

Surabaya (beritajatim.com) - Memperingati Hari Air se-Dunia pada 22 Maret, guru SD Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya menampilkan seni teater di hadapan anak-didiknya.

"Lewat teaterikal ini para guru menyampaikan pesan ke siswa tentang pentingnya air. Untuk menjaga sumber mata air, pohon jangan ditebang. Dan kalau pohon ditebang akan terjadi banjir," tutur Mukhtar usai tampil di pelataran sekolah setempat, Rabu (22/3/2017).

Pada penampilan para guru itu, Kepala SD SAIM Mukhtar Fanani, Koordinator Adiwiyata Fandi Susanto berperan sebagai pohon. Selanjutnya Heri Susanto yang kesehariannya sebagai guru olahraga memerankan si penyiram pohon. Sedangkan Redi, guru kelas 3 didapuk menjadi penebang pohon.

"Sebelum menonton, siswa di kelasnya kami beri materi pelajaran seputar air. Baru diajak menonton teater. Tampilan teater oleh guru ini juga untuk menunjukkan ke siswa bahwa guru memberikan contoh langsung," sambung Mukhtar.

Guru kelas 5, Enggar Febrianto yang menjadi sutradara teater mengaku mempersiapkan tampilan selama tiga hari. "Susun naskah, membagi peran pada para guru, latihan perlu waktu tiga hari. Termasuk pembagian tugas guru sebagai pemusik dan backing vocal pengiring teater," tutur Enggar.

Prabu, Salah seorang siswa kelas 5 mengungkapkan sangat tergelitik dengan atraksi yang dilakukan oleh para gurunya. Namun apa yang menjadi pesan dalam teater itu sangat mudah dipahami.

"Penampilan dari ustadz dan ustadzah sangat menarik. Teman-teman senang. Dalam alur certianya menyampaikan setiap orang harus peduli terhadap air. Karen air salah satu sarana hidup manusia," tutur Prabu yang juga duta lingkungan di sekolahnya. [ito/suf]

Komentar

?>