Kamis, 19 Oktober 2017

Film Islam Bid'ah Dituding Sesat

Rabu, 15 Maret 2017 17:44:17 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Film Islam Bid'ah Dituding Sesat

Surabaya (beritajatim.com) - Isu sensitif yang belakangan terjadi di Tanah Air ini ternyata sudah jadi bahan diskusi antara Nurman Hakim dan Ben Shohib sejak tahun 2013. Fenomena itulah yang kemudian mereka angkat jadi sebuah cerita dalam film Bid’ah Cinta.

“Jauh sebelum hingar bingar politik belakangan ini, kami sudah melihat gejala-gejalanya. Isu perbedaan tentang (cara pandang) Islam bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat,” ujar Nurman Hakim sutradara film Bid’ah Cinta ketika ditemui tim beritajatim.com,  Rabu (15/3/2017).

Kondisi seperti itu diyakini akan terus terjadi di tengah masyarakat. Apalagi bila tidak ada sikap toleransi dari masing-masing pihak.

Dari keyakinan itu pula, tema diskusi dua sahabat ini kemudian dituangkan dalam bentuk skenario pada tahun 2015.

“Kami membidik dua kelompok Islam dalam masyarakat, yaitu mereka yang puritan dan tradisional. Lewat film ini kami harap keduanya bisa duduk berdampingan meski berbeda sudut pandang,” imbuh Ben Shohib, penulis skenario Bid’ah Cinta.

Ketika menggarap film bertema sensitif ini bukannya tanpa risiko. Begitu thriller film Bid’ah Cinta beredar di masyarakat, baik Nurman maupun Ben Shohib mengaku dapat tekanan dari banyak pihak.

“Ada yang menuding kami bikin film aliran sesat. Tapi, kami bisa meluruhkan semua tekanan itu. Intinya adalah kami tak bisa seragamkan semua yang ada di kepala manusia,” tutur Ben yang sudah merilis sejumlah karya novel dan cerita pendek. [way/but]

Tag : film

Komentar

?>