Minggu, 26 Maret 2017

Kuda Nil Lucu 'Devi' Koleksi KBS Dapatkan Kejutan Spesial

Rabu, 15 Maret 2017 15:06:10 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Kuda Nil Lucu 'Devi' Koleksi KBS Dapatkan Kejutan Spesial

Surabaya (beritajatim.com)- Kejutan yang meriah diberikan Devi, salah satu Kuda Nil Kerdil koleksi Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) bernama Devi genap berusia 32 Tahun, tepat tanggal 15 Maret 2017.

Kuda nil kerdil jenis Pygmy Hippopotamus (Choeropsis liberiensis) ini awalnya tampak malu-malu ketika diberi makanan berbagai sayuran dan buah-buahan oleh gate keeper.

Mulai dari wortel, pisang, kacang panjang yang tertata rapi dengan dilengkapi lilin diujungnya.

Devi memilih berendam dalam kolam di kandangnya. Ketika sajian didekatkan oleh perawat Kuda Nil, Devi  langsung muncul ke permukaan dan melahap makanan spesial yang telah ditata layaknya tumpeng.
Maklum, satwa yang berhabitat di hutan sekunder yang berawa-rawa ini dikenal sebagai satwa 'pemalu'.

Perawat Kuda Nil Kerdil, Hata Renaldi mengungkapkan perawatan satwa yang hidupnya lebih sering berendam di air ini tidak seberapa susah untuk pemberian makanan.

"Cukup dengan rumput, sayur-mayur, dan juga buah-buahan," katanya disela memberikan pengetahuan kepada para pengunjung KBS yang menyaksikan langsung perayaan ulang tahun Devi ke 32 tahun.

Hata menjelaskan, Devi lahir di Negara Singapura pada tahun 1985 lalu. Ketika berusia dua tahun, Devi ditandangkan ke KBS yakni pada tahun 1987 silam.
Selama hidup di kandang KBS, Devi memiliki hampir sepuluh keturunan. "Selama di KBS sudah memiliki anak sekitar 10. Dari keturunannya itu, 3 ada di KBS dan sisanya dikirim ke LK (Lahan Konservasi) lainnya," jelasnya.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS Chairul Anwar mengatakan bahwa perayaan ulang tahun ke 32 tahun Kuda Nil Kerdil bernama Devi ini menandakan kesejahteraan satwa tetap terjaga dengan baik.

Tidak hanya kesehatan satwa, melainkan juga standar sanitasi satwa yang ada di lingkungan KBS akan terus ditingkatkan.

"Kedepan, juga memenuhi rasa keindahan atau estetika bagi pengunjung juga kami pikirkan," katanya.

Menurut Anwar, Devi adalah produk bagus yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Dengan tinggi 80-100 sentimeter ini usia Kuda Nil paling lama 50 tahun. Kalau di tempat penangkaran bisa mencapai 55 tahun.

"Si imut Devi ini adalah satwa bermuka imut namun juga bisa menyerang. Untuk brandingnya sendiri gampang-gampang susah. Susahnya adalah ketika tahapan pertemuan laki dan perempuan di masa birahinya," ujarnya.[way/ted]

Tag : wisata kbs

Komentar

?>