Minggu, 28 Mei 2017

Fotografer Jatim Dominasi Juara Fotografi Marathon Nasional

Senin, 13 Maret 2017 12:17:22 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Fotografer Jatim Dominasi Juara Fotografi Marathon Nasional

Pamekasan (beritajatim.com) - Fotografer Jawa Timur dominasi lomba Fotografi Marathon Tingkat Nasional yang digelar Madura Photo Club (MPC) di Area Monumen Arek Lancor, Minggu (12/3/2017) kemarin.

Perlombaan yang mengangkat thema 'Potret Sosial Budaya Madura di Pamekasan' itu, diikuti sebanyak 145 pendaftar dan 83 peserta yang melakukan registrasi. Mereka berasal dari berbagai komunitas di Indonesia, mulai dari Denpasar Bali, Jogjakarta, Jakarta, Madura, Malang dan sejumlah komunitas lainnya.

Pada perlombaan itu, Fotografer asal Pamekasan Muhammad Syamsul Hadi keluar sebagai juara sekaligus berhak mendapatkan trophy dan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Posisi runner up ditempati Jayadi Sugito, fotografer asal Malang itu mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. Sementara juara ketiga diraih fotografer asal Surabaya, Tri Hendro Putra dengan meraih hadiah sebesar Rp 2 juta.

"Selain hadiah utama, mereka juga mendapatkan souvenir dari sponsor. Serta hadiah hiburan dari sponsor bagi 10 fotografer yang beruntung," kata Ketua Panitia Lomba Fotografi Marathon MPC 2017 Hendra Zulkarnain kepada beritajatim.com, Senin (13/3/2017).

Dalam kegiatan itu, peserta diberikan kebebasan sekaligus kesempatan menjadikan 'Madura' sebagai objek sesuai dengan thema yang digagas. "Spot foto di seluruh wilayah Kabupaten Pamekasan, namun yang menjadi favorit fotografer pengrajin batik, pasar tradisional serta kerapan sapi," ungkapnya.

Sementara salah satu juri Yuyung Abdi menilai hasil jebretan para peserta cukup bagus, bahkan para juri kesulitan untuk menentukan juara pada lomba yang digelar selama sehari penuh itu.

"Hampir semua karya peserta rata-rata bagus, namun menentukan juara kita membandingkan dan mencari hal yang tidak biasa. Baik dari angle, komposisi maupun rasa yang disesuaikan dengan tema," tegasnya.

Sementara Ketua MPC Pamekasan Achmad Tatang sangat bersyukur kegiatan tersebut berjalan lancar, termasuk peserta yang sangat antusias mengikuti pelaksanaan lomba. "Ini luar biasa, karena dengan keterbatasan kami sebagai pelaksana pertama di Madura," ungkapnya.

"Lomba foto tingkat nasional semacam ini, insha Allah akan kita gelar kembali di tahun-tahun berikutnya. Tentunya dengan harapan kegiatan jauh lebih spektakuler dari pelaksanaan kali ini," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Yuyung Abdi yang notabene wartawan foto senior di Indonesia bertindak sebagai juri. Ia bersama Mohamaad Sujai, profesional foto dan assesor foto di Indonesia, serta Ketua MPC Pamekasan Achmad Tatang. [pin/ted]

Tag : fotografi

Komentar

?>