Rabu, 26 Juli 2017

Wisata Banyuwangi, Pulau Santen Dipercantik Mural

Rabu, 08 Maret 2017 17:07:10 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Wisata Banyuwangi, Pulau Santen Dipercantik Mural

Banyuwangi (beritajatim.com) – Meski kawasan Pulau Santen kini telah menjadi destinasi wisata halal, berbagai aktivitas terus terlihat untuk lebih memunculkan kelasnya. Wujudnya, sejumlah pemuda turut ikut berupaya mempercantik tempat wisata di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi itu.

Salah satunya berasal dari sebuah kelompok anak muda pecinta mural. Mereka terlihat mulai menggoreskan kuas dan melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas lainnya. Setiap senti, kawasan itu kini berubah menjadi lingkungan yang rupa warna.

“Kami berinisiatif  memperindah wajah sekitar pantai dengan lukisan mural ini,” ujar Anggota MAPALA Uniba, L. Andri Saputro, Rabu (8/3/2017)

Tak sekedar meluangkan kreatifitas, Andri juga memberikan pendampingan terhadap warga dan pemuda setempat. Salah satunya mengarahkan tema mural yang kini dibuatnya.

“Mereka bebas berekspresi, namun gambar yang dibuat harus bersifat inovatif dan edukatif tentang lingkungan. Bisa tentang mangrove, konservasi, biota laut, kehidupan nelayan, maritim bahkan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Tak ada target pasti yang dituangkan oleh para pemuda ini. Tapi tujuannya hanya ingin lebih mempercantik dan merubah kawasan 80 KK yang berdinding anyaman bambu menjadi lebih indah.

Tak hanya itu, aktivitas yang dilakukan oleh Andri Cs ini dilakukan secara sukarela. Bahkan, mulai dari alat dan cat yang digunakan dibeli dari uang patungan dengan kawan lainnya.

“Kami patungan semampunya. Sebagian ada swadaya warga, sumbangan dari donatur, dan gerakan Rp 1000 dari pelajar sekitar Pulau Santen yang menyumbang setiap harinya. Pokoknya ini jadi ajang kreasi sekaligus silaturahmi bagi kami,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pulau Santen ini  dikembangkan sebagai destinasi berkonsep halal. Meski demikian konsep ini tidak serta-merta destinasi itu hanya untuk kaum muslim.

Halal tourism merupakan konsep besar pengembangan destinasi, yang di antaranya ditandai dengan jaminan makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (adzan), tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan. [rin/but]

Komentar

?>