Selasa, 26 September 2017

Banyuwangi Tawarkan Pulau Tabuhan ke Investor

Jum'at, 24 Februari 2017 20:49:41 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Banyuwangi Tawarkan Pulau Tabuhan ke Investor

Banyuwangi (beritajatim.com) - Pulau Tabuhan di Kecamatan Wongsorejo memang memiliki daya tarik yang menggiurkan. Pulau kecil seluas 4 Hektar itu, memiliki keindahan alam dengan pasir pantai berwarna putih dan air yang cukup jernih. Hal itu yang membuat beberapa tahun terakhir selalu menjadi perhatian berbagai pihak untuk sekedar mengembangkan potensinya.

”Kami tawarkan pengelolaannya kepada investor dengan kualifikasi tertentu. Di antaranya, punya pengalaman di dunia wisata, network bagus, dan berkomitmen memberdayakan masyarakat. Poin pemberdayaan kami garis bawahi, karena kami ingin investor dengan visi kewirausahaan sosial, antara oritentasi bisnis dan pemberdayaan seimbang,” jelas Anas, Jum'at (24/2/2014).

Kualifikasi yang dimaksud, kata Anas, investor harus membayar hak pengelolaan Pulau Tabuhan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 5 tahun. Harga sewa dihitung berdasarkan penilaian sesuai regulasi.

”Appraisal-nya melibatkan tim aset daerah, penghitungannya sesuai aturan, dan pasti kita konsultasikan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” terang Anas.

Investor juga diwajibkan memberdayakan masyarakat Banyuwangi. Artinya, mereka harus mencari pekerja asli lokal jika akan menguasai pulau indah itu.

”Silakan kami punya SMK dan Politeknik jurusan pariwisata dan perhotelan. Pilih yang terbaik dari sisi bahasa, manajemen, dan ilmu teknisnya. Selain itu, nanti bisa menyerap produk UMKM, seperti furnitur, sabun, alat masak, tusuk gigi, dan sebagainya,” kata Anas.

Sehingga, nantinya akan tercipta pemberdayaan, penyerapan tenaga kerja, menambah PAD untuk pembangunan daerah, hingga meningkatkan kunjungan turis yang pasti ikut menggerakkan ekonomi lokal. [rin/but]

Komentar

?>