Selasa, 26 September 2017

Mengenang Ulama Besar Kiai Mahrus Ali Lewat Pameran Foto

Rabu, 26 Oktober 2016 10:19:08 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Mengenang Ulama Besar Kiai Mahrus Ali Lewat Pameran Foto

Kediri (beritajatim.com) - Berdirinya pondok pesantren Lirboyo Kediri tak terlepas dari salah satu nama ulama besar Kiai Mahrus Ali. Sang masayih tersohor ini dikenal dekat dengan tokoh Nasional dan pencetus resolusi jihad.

Kiprah kiai Mahrus Ali dapat diketahui dari foto-foto yang dipamerkan dalam acara Hari Lahir (Harlah) Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri yang ke-50. Berbagi foto jadul ini diambil sejak Indonesia baru merdeka.

Yasin Nurfalah, selaku ketua panitia mengatakan, melalui pameran foto ini pihaknya berharap, genarasi masa kini dapat mengenang kembali perjuangan kiai Mahrus Ali. Selain pendiri ponpes Lirboyo, Mbah Mahrus Ali juga pendiri IAI Kediri.

"Kita tahun bahwa tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional (HSN). Momentum ini pas dengan resolusi jihad. Mbah Mahrus Ali adalah salah satu tokoh yang mencetuskan resolusi jihad. Beliau yang mengobarkan semangat para santri dalam melawan penjajah Belanda di Surabaya," kata Yasin Nurfalah, Rabu (26/10/2016).

Kiai Mahrus Ali dikenal dekat dengan para tokoh Nasional, seperti halnya pendiri republik Presiden RI pertama Soekarno. Di dalam foto tersebut, tampak kehadiran sang proklamator bersama Kiai Mahrus Ali. Selain itu, ada beberapa tokoh nasional lain sekaliber menteri.

Salah seorang pengunjung Karwiyanto mengaku, Kiai Mahrus Ali adalah ulama yang langka. Meskipun memiliki nama besar dengan ketokohannya, tetapi beliau tetap berjiwa sederhana. Dan yang paling ia ingat, Kiai Mahrus Ali selalu bersedia mendatangi setiap undangan tanpa imbalan.

"Saya pernah mengundang sendiri. Beliau datang untuk memberikan pengajian. Baliau tidak pernah meminta imbalan apapun. Beliau selalu datang, meskipun undangan itu berasal dari orang miskin. Padahal beliau tokoh besar, dan namanya tersohor," kata Agus.

Untuk diketahui, foto-foto yang dipamerkan merupakan dokumen arsip IAIT Kediri dengan jumlah sebanyak 50 buah. Jumlah ini disesuaikan dengan usia iait yang sudah mengijak setengah abad lamanya. Dokumen foto tersebut diambil mulai tahun 1966. [nng/suf]

Tag : fotografi

Komentar

?>