Rabu, 17 Oktober 2018

Binatang Tamarin Ini Lahirkan Bayi Kembar di TSI II Prigen

Sabtu, 16 Juli 2016 02:50:14 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Binatang Tamarin Ini Lahirkan Bayi Kembar di TSI II Prigen

Pasuruan (beritajatim.com) - Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan, kembali berhasil mengembangbiakkan satwa langka khas Amerika Selatan. Kali ini sepasang binatang Tamarin melahirkan bayi kembar jantan dan betina di TSI II Prigen tersebut.

Menurut, Manager Marketing Taman Safari Prigen, Idham Rustian Pribadi, bayi Tamarin kembar tersebut diberi nama Bram dan Leia. Bayi kembar yang juga dikenal dengan sebutan Cotton-Top Tamarin ini lahir beberapa waktu lalu.

“Bayi kembar Tamarin ini lahir dari induk Hanez (5 tahun) dan Riki (7 tahun), dengan masa kebuntingan 4-5 bulan. Pada waktu kelahiran keduanya memiliki berat sekitar 450gr,” ujarnya kepada beritajatim.com, Jumat (15/7/2016).

Idham menjelaskan bahwa kelahiran Cotton-Top Tamarin ini, merupakan baru pertama kalinya di Taman Safari Prigen. Dirinya mengaku bangga dengan kelahiran anak Tamarin di TSI II tersebut, sebab  seperti kita ketahui kalau saat ini binatang Tamarin itu sendiri termasuk satwa yang terancam punah. “Dengan kelahiran anak kembar Tamarin ini, sekaligus jadi hadiah lebaran bagi pengunjung Taman Safari Prigen,” imbuhnya.

Untuk diketahui bahwa binatang ini merupakan salah satu jenis primata terkecil di dunia dengan berat yang hanya mencapai sekitar 0.5 Kg. “Selain itu binatang ini juga memiliki suara yang lembut dan terkadang terdengar seperti peluit. Berdasarkan penelitian, ada 38 jenis suara yang berbeda,” pungkasnya. (oci/kun)

Tag : taman safari

Komentar

?>