Kamis, 15 Nopember 2018

Keren, Pelangi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Rabu, 29 Juni 2016 16:34:57 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Keren, Pelangi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) - Pesona air terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomuluyo Kecamatan Pronojiwo selalu membuat decak kagum wisatawan yang datang. Selain guyuran ratusan sumber mata air yang membentuk tirai, wisatawan juga disajikan fenomena pelangi dan munculnya kabut di dasar air terjun.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tumpak Sewu Semeru, Abdul Karim mengaku banyak wisatawan yang takjub dengan berbagai atraksi dari wisata alam air terjun kaki Gunung Semeru. Dari lokasi panorama, pengunjung bisa melihat pelangi dan kabut muncul dari dasar air terjun.

"Fenomena ini luar biasa dan paling aneh adalah keluarnya kabut dari dasar air terjun," jelasnya pada beritajatim.com.

Untuk fenomena pelangi akan terjadi saat jam 09.00 - 10.00 WIB, biasanya percikan air terjun yang tersinari matahari akan membentuk warna-warni. Sedangkan, kabut dari dasar air terjun tidak tentu, tapi bagi wisatawan yang beruntung melihatnya akan kaget sekaligus kagum.

"Hingga saat ini, kami dari Pokdarwis masih menyelidiki dan mencari bagaiman kabut itu muncul dari dasar air terjun," terangnya.

Karim sangat senang dengan banyaknya wisatawan yang kerap berkunjung ke Tumpak Sewu. Karena hasilnya bukan hanya untuk honor warga yang terlibat, tetapi untuk memperbaiki fasilitas umum bagi wisatawan.

"Jadi pengembangan wisata Tumpak Sewu berbasis masyarakat, semuanya untuk warga sekitarnya," pungkasnya. [har/but]

Komentar

?>