Selasa, 21 Februari 2017

Sate Kelopo Ondomohen Memang Beda

Minggu, 08 Februari 2015 17:37:56 WIB
Reporter : Qomari Sulaelah
Sate Kelopo Ondomohen Memang Beda

Surabaya (beritajatim.com) - Sate adalah makanan khas Madura yang dapat ditemui dimana saja, termasuk di Surabaya. Namun, sate yang satu ini sangat berbeda dengan sate pada umumnya.

Sate kelopo (sate kelapa) Ondomohen yang berada di jalan Walikota Mustajab Surabaya mempunyai ciri khas tersendiri. Bentuknya sama seperti sate biasa, tapi yang membuat sate itu berbeda adalah daging sate tersebut dibakar dengan bumbu kelapa. Sate ini menggunakan daging sapi atau ayam.

Sebelum dibakar, daging sate harus dikukus dengan parutan kelapa beserta bumbunya. Bumbu yang dipakai yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, garam, dan parutan kelapa. Setelah parutan kelapa tercampur dengan bumbunya, barulah sate dilumuri parutan kelapa.

Ketika dibakar, daging tidak akan hangus seperti sate biasanya. Karena yang hangus adalah parutan kelapa yang sudah meresap ke dalam daging. Rasa sate kelopo sangat gurih, manis dan bumbu kelapanya sangat terasa.

Satu tusuk sate ini dijual seharga Rp 2 ribu. Warung makan sate kelopo buka dari pukul 7:30 hingga pukul 23:30.

Sate kelopo sudah ada sejak tahun 1988. Asih dan Naifa adalah kakak adik yang merintis usaha kuliner ini. "Kami mulai usaha ini dari tahun 88, dan alhamdulillah bisa sampai seperti sekarang ini," ujar Naifa, Minggu (08/02/2015).

Sayangnya, rumah makan sate kelopo Ondomohen tidak membuka cabang. Para pembeli pun akhurnya harus rela antre untuk bisa menikmati kelezatan sate tersebut. [ela/but]

Komentar

?>