Gaya Hidup

Wakil Dubes Australia Dijamu ‘Pistol’ di Tanoker Jember

Jember (beritajatim.com) – Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, tersenyum saat disambut dengan meriah di Tanoker, Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2019).

Tanoker adalah kelompok belajar dan bermain yang didirikan pasangan suami-istri Suporahardjo dan Farha Ciciek yang kemudian menjadi motor gerakan sosial di sana. Mereka memberdayakan anak-anak buruh migran mulanya dengan permainan egrang.

Cox mengapresiasi kegiatan Tanoker. Menurutnya, banyak orang yang menjadi imigran. Kepercayaan terhadap kehidupan sendiri bagi masyarakat setempat sebagaimana diikhtiarkan Tanoker sangat penting.

“Lewat dari program-program kedutaan Australia, kami mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini berada di akar rumput. Kami menghargai kerajinan disini untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan kegiatan lokal,” kata Cox, sebagaimana dilansir Humas Pemerintah Kabupaten Jember.

“Kedatangan Allaster Cox di Tanoker, selain untuk memperkuat kerjasama Indonesia-Australia dalam merawat perdamaian, juga memberikan dukungan dan penguatan langkah promosi perdamaian yang dilakukan di tujuh destinasi wisata perdamaian,” kata Ciciek, dalam siaran pers Tanoker.

Selain itu kehadiran Cox untuk memperkuat upaya Tanoker menyemai perdamaian dari Ledokombo melalui kewirausahaan sosial. Cox disambut Wakil Bupati Abdul Muqit Arief.

Muqit mengatakan, Cox memberikan apresiasi terhadap kegiatan Tanoker dalam membantu anak buruh migran di Desa Ledokombo, maupun dalam mengatasi permasalahan buruh migran.

“Beliau akan terus membangun komunikasi dengan kita, yang sangat tertarik kepada hal-hal yang berkaitan dengan buruh migran,” kata Muqit yang juga mengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini.

Dalam acara kunjungan ini, masyarakat Ledokombo menyajikan aneka kuliner sehat, enak, unik dan indah yang diolah dengan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekitar.

Nama-nama makanan ini unik dan menarik. Salah satunya adalah Pistol atau Pisang Tolo dan Minuman Keren (Kelor dan Gula Aren).

Ada pula Skupi (oseng-oseng kulit pisang, sate jamur, urap-urap, ikan asin, bacem tempe, pudding kelor, pudding manga, Sirem (nasi arem), Ramilur (rangi, mie, telur), mie ayam, rujak manis, aneka kopi, peyek kopi, keciput kopi klepon kopi, kue jangkong dan permen kepompong. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar