Gaya Hidup

Wajah Gandrung Banyuwangi Kok Jadi Begini? 

Banyuwangi (beritajatim.com) – Forum Pembela Adat dan Budaya Banyuwangi (Balawangi) melayangkan protes atas digunakannya ikon Banyuwangi yaitu Gandrung menjadi zombie. Wajah yang selalu tampil dan kerap diperankan wanita cantik nan anggun itu berubah mengerikan.

“Gandrung Banyuwangi identik dengan paras cantik, anggun dan elok,” kata Ketua Balawangi, Solehudin, Selasa (14/1/2020).

Hal ini bermula dari sebuah kegiatan pertunjukan pentas seni make-up dan cosplay bertajuk Ghost Mania Festival di Bumi Blambangan. Kala itu, terdapat gandrung berwajah mengerikan layaknya mayat hidup.

“Ini kami nilai sangat kontroversial, kami meminta agar penyelenggara acara tersebut melakukan klarifikasi terkait munculnya gandrung zombie. Jika tidak akan kami lakukan tindak lanjut,” tambahnya.

Pihak Balawangi juga telah bertemu dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi perihal ini. Maksudnya, untuk menjembatani permasalahan yang kini tengah bergejolak.

“Kami minta dipertemukan dan mereka harus klarifikasi dan permohonan maaf,” ungkapnya.

Menurutnya, membawa ikon Banyuwangi dan memunculkan dengan sesuatu yang tak pantas itu tidak dibenarkan.

“Pakai model hantu pocong, kuntilanak atau suster ngesot monggo, asal jangan ikon Banyuwangi. Coba kalau lambang Garuda diganti dengan burung hantu, seperti apa marahnya masyarakat Indonesia?,” kilahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M Yanuar Bramuda menyebut, kegiatan tersebut tidak masuk dalam agenda Banyuwangi Festival. Artinya, pertunjukan itu bukan diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Yang jelas itu bukan acara kami, kami juga tidak merasa dirugikan atas kegiatan itu. Sebenarnya, kegiatan itu bentuk dari promosi untuk mengangkat festival film di Banyuwangi,” terangnya.

Kemunculan gandrung zombie di Banyuwangi ini  mencuat melalui sosial media. Berbagai tanggapan dan cercaan negatif bermunculan dari warga net. Intinya mereka mengecam adanya kegiatan tersebut. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar