Gaya Hidup

Trend Malam 29 Ramadan, Ratusan Muda-mudi di Tuban Siap Lepas Lajang

ilustrasi

Tuban (beritajatim.com) – Pada malam 29 di bulan Ramadan atau yang dikenal dengan istilah Malem Songo diyakini menjadi hari yang baik dan juga trend serta waktu yang cocok sebagai hari pernikahan bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Tuban, Jumat (31/5/2019).

Pada malam 29 Ramadan tahun 2019 ini, terdapat ratusan pasangan muda-mudi yang siap melepaskan masa lajangnya. Ratusan pasangan yang akan menikah itu berasal dari hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dan sudah masuk dalam daftar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban.

Data yang dihimpun beritajatim.com, sampai dengan saat ini Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mencatat sekitar 431 pasangan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban akan menggelar ijab qobul pada Malem Songo. Yang mana jumlah tersebut dimungkinkan masih bisa bertambah.

“Calon pengantin yang akan melaksanakan ijab qobul pada Malem Songo sudah tercatat sebanyak 431 pasangan. Memang untuk pendaftaran terbilang membeludak,” terang M Qosim, Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kantor Kementrian Agama Tuban.

Qosim menyebutkan, bahwa alasan masyarakat di Kabupaten Tuban banyak yang melakukan akad pernikahan di malem songo lantaran diyakini tanpa hitungan sebagaimana adat biasanya. Yakni malam tersebut sudah dinyatakan bagus dan banyak berkah. “Masyarakat meyakini malem songo adalah hari yang baik. Makanya banyak sekali pasangan yang ingin nikah di hari yang baik ini,” sambungnya.

Sementara itu, pada malam 29 bulan Ramadan tahun ini seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban ini pasti ada warga yang melakukan proses pernikahan. Adapun untuk jumlah pernikahan terbanyak di malam songo adalah Kecamatan Soko dengan jumlah sebanyak 60 pasangan, untuk Kecamatan Kerek dan Kenduruan adalah paling sedikit yang hanya terdapat 4 pasangan saja.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar