Gaya Hidup

Tari Gandrung Jadi Pembuka Porprov VI Jawa Timur 2019

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur resmi akan dibuka, Sabtu (6/7/2019).

Opening ceremony olahraga multievent itu rencananya bakal dipusatkan di Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan.

Pada kegiatan ini, Banyuwangi patut berbangga. Karena, tari gandrung menjadi salah satu yang akan mengisi dalam pesta pembukaan tersebut. Meskipun, para penari bukan berasal dari warga Kota Gandrung.

Rencananya, tarian khas Bumi Blambangan itu bakal dibawakan sekitar 500 pelajar se-Kabupaten Lamongan. Gerakan penari gandrung terlihat saat kelompok penari Jatim Cetar Luar Biasa melakukan gladi.

“Gandrung yang dimainkan adalah versi garapan. Anak – anak sangat senang menarikannya,” ungkap Koordinator Koreografer Pembukaan Porprov Jatim VI, Yuyun XP, Jumat (5/7/2019).

Rencananya, kata Yuyun, ada 2000 penari terlibat dalam pembukaan ini. Disamping 500 penari Jatim Cetar Luar Biasa, terdapat 500 penari Kita Langsung Juara dan 1000 penari boran.

“Jatim Cetar gambaran keragaman adat dan budaya di Jawa Timur. Kita Langsung Juara merupakan refleksi kontingen peserta Porprov 2019. Mereka tidak hanya harus juara, tapi wajib membangun tali silaturahmi antar sesama atlit. Kalau tari boran menggambarkan makanan khas Lamongan,” katanya.

Persiapan ini, lanjut Yuyun, dilakukan semaksimal mungkin. Bahkan, melibatkan seniman lulusan seni tari dari berbagai kampus ternama. Di antaranya, Institut Seni Indonesia (ISI), Unesa serta STKW Surabaya.

“Latihan tidak intensif. Hanya 15 kali plus gladi bersih. Penari boran adalah penari tulen. Sedangkan yang lain belum biasa menari,” tandasnya.

Ikrima, siswi SMAN 1 Lamongan, menjadi salah satu pelajar yang beruntung. Dia termasuk satu diantara 1000 orang penari boran. Jumat malam, siswi berhijab ini sedang lari – lari kecil sambil membawa bakul (tempat nasi dari anyaman bambu) bersama rekannya sesama penari.

“Boran adalah kuliner khas Lamongan. Kami ingin memperkenalkannya kepada penonton,” ucapnya.

Hampir semua warung di Lamongan menjual boran. Salah satunya di Warung Pujasera dekat RS Muhammadiyah Lamongan. Boran terdiri nasi putih, urap, dan lauk ikan bandeng atau bisa dipilih sesuai pesanan. Penjual boran itulah yang akan diperkenalkan saat acara pembukaan Porprov 2019. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar