Gaya Hidup

Taman Wengker Kehati, Destinasi Wisata Baru di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Taman Wengker Keanekaragaman Hayati (Kehati) mencuri perhatian masyarakat dengan hawa yang sejuk dan dipenuhi berbagai macam tumbuhan. Destinasi wisata yang berada di Jalan Ponorogo – Madiun itu berkonsep taman terbuka hijau. Akses yang mudah berada di pinggir jalan nasional membuat taman tersebut ramai oleh pengunjung saban harinya.

”Tak kurang ada 100 pengunjung setiap harinya. Taman ini masih baru jadi kami akan berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarananya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo Sapto Djatmiko, Minggu (30/6/2019).

Sapto mengungkapkan taman Wengker Kehati ini merupakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) terbesar di kota bumi reyog. Taman tersebut dibangun di atas lahan sekitar 3 hektare. Berisi tanaman-tanaman langka yang mulai jarang ditemui. Selain itu yang penting, fungsi taman juga untuk menjaga keseimbangan alam.

”Akan kami tambah koleksi tumbuhan-tumbuhan langka di taman ini,” ungkapnya.

Sapto menyebut taman Wengker Kehati diproyeksikan sebagai taman yang mempercantik perwajahan kota dari pintu masuk sebelah utara Ponorogo. Karena itu pengembangan taman diprioritaskan pada 3 fungsi utama taman. Yakni sebagai paru-paru kota, tempat edukasi kelestarian alam dan tanaman langka, serta ekologiwisata.

”Jadi berkunjung ke taman Wengker Kejati itu paket komplit. Tidak hanya digunakan untuk menghabiskan waktu liburan, tapi juga sebagai sarana edukasi,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar