Gaya Hidup

Sumber Air Melimpah, Warga Gelar Sedekah Bumi

Tuban (beritajatim.com) – Meski memasuki musim kemarau, debit air yang berasal dari sumber mata air Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban masih melimpah dan tidak mengalami penurunan yang berarti dibanding dengan wilayah lainnya.

Dengan kondisi air yang melimpah itu, sejumlah warga yang berasal dari tiga desa sekitar sumber mata air Bektiharjo melaksanakan kegiatan tahunan dengan Sedekah Bumi. Hal itu dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah lantaran tidak kekurangan air, Rabu (17/7/2019).

Sedekah bumi di sumber mata air Bektijarjo diikuti ratusan warga dari tiga desa sekitar. Yakni Desa Bektiharjo, Desa Prunggahan Kulon dan Desa Prunggahan Wetan. “Ini merupakan acara Sedekah Bumi atau warga biasa menyebutnya dengan manganan. Sedekah bumi ini rutin kita lakukan setiap tahun,” jelas Hartono, Juru Kunci Sumber Mata Air Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Hartono memaparkan, sedekah bumi itu merupakan wujud rasa syukur warga masyarakat yang selama ini bisa memanfaatkan sumber air dari Bektiharjo. Karena dari sumber itu tetap mengalir ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Semanding, meski kemarau melanda.

Warga saat memberi makan ikan dalam acara Sedekah Bumi di Sendang Bektiharjo.

“Acara ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah. Yang biasanya ikut adalah enam desa yang selama ini memanfaatkan air dari sumber ini,” tambahnya.

Selama ini, warga memanfaatkan air yang mengalir dari sumber Bektiharjo untuk kebutuhan sehari-sehari, karena memang airnya yang bersih. Selain itu, air aliran sungai ke beberapa desa itu dimanfaatkan para petani untuk pengairan di sawah.

“Intinya kita warga sangat bersyukur, bahwa meski musim kemarau air sumber ini masih sangat melimpah. Kita berharap semoga sumber air di sini selalu melimpah,” papar Untung, salah satu warga yang ikut dalam acara syukuran itu.

Sementara itu, dalam acara makan-makan Sedekah Bumi itu, sejumlah warga juga tak lupa memberikan makan ikan yang ada di sendang Bektiharjo. Selain itu, sejumlah kera yang ada di lokasi sendang tersebut juga ikut diberi berbagai makanan yang dibawa oleh warga. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar