Gaya Hidup

Serunya Petik Buah Srikaya Langsung dari Pohon

Sumenep (beritajatim.com) – Salah satu acara yang mempunyai daya tarik tinggi di Festival Srikaya 2019 yang digelar di Lapangan Kerapan Sapi, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep adalah petik buah srikaya langsung dari pohon.

“Para pengunjung Festival Srikaya yang ingin memetik sendiri buah srikaya langsung dari pohonnya, dipersilahkan untuk mengikuti acara ini. Mereka boleh petik srikaya sesuka hati, langsung di kebun srikaya milik warga,” kata pemandu wisata petik buah srikaya, Fadel Abu Aufa.

Pada Minggu (24/03/2019), para pegiat pariwisata yang tergabung dalam WAG Forum Pariwisata Sumenep, menggelar ‘Festival Srikaya.

Festival Srikaya tersebut diikuti puluhan pedagang srikaya dari Bluto dan Saronggi. Selain itu, Festival srikaya juga diisi dengan lomba adu cepat makan buah srikaya dan lomba srikaya terbesar. Tidak hanya itu, festival srikaya juga menampilkan aneka olahan makanan berbahan dasar srikaya. Kreatifitas itupun dilombakan, dengan mempertimbangkan rasa, keunikan, dan tampilan menu.

“Wisata petik buah srikaya langsung dari pohon ini serupa dengan agro wisata petik apel dari kebun di kota Batu. Kami ingin srikaya bisa menjadi maskot buah lokal andalan Sumenep,” ujar Fadel.

Dalam acara tersebut, pengunjung bisa masuk kebun srikaya dengan gratis. Disediakan keranjang untuk srikaya-srikaya yang dipetik sendiri oleh pengunjung.

“Nanti ketika keluar dari kebun, ada petugas yang akan menghitung jumlah srikaya yang dipetik, untuk menentukan berapa yang harus dibayar pengunjung. Harga yang ditetapkan adalah Rp 3.000 per buah,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung dari Pamekasan, Sinta, mengaku senang dengan wisata petik buah srikaya langsung dari pohon. Selama ini, ia membeli srikaya dari pedagang-pedagang di pinggir jalan atau di pasar-pasar.

“Dengan acara ini, saya bisa tahu langsung kebun srikaya, dan memetik sendiri buahnya. Ini keren lho.. Belum pernah ada festival srikaya seperti ini,” ucapnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar