Gaya Hidup

Roll Cake Srikaya dan Siwalan, Oleh-oleh Kekinian Khas Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Bagi para pemudik di Sumenep, kali ini tidak perlu bingung lagi kalau ingin membawa pulang oleh-oleh khas kota paling ujung Pulau Madura ini. Sekarang ada ‘Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan’ yang bisa jadi pilihan buah tangan kekinian.

Bicara kudapan khas Sumenep kali ini tidak lagi hanya tentang kripik atau krupuk. Juga tidak melulu rengginang dan lorjuk. Kue berbahan dasar srikaya dan siwalan ini menjadi salah satu oleh-oleh bergengsi untuk dibawa kembali ke tempat kerja.

“Kalau di Surabaya ada Lapis kukus Surabaya, terus di Malang ada Malang Strudle, nah di Sumenep ini punya Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan yang tidak kalah dengan kue-kue daerah lain,” kata Ferry Syahputra, Pemilik Warung Djati, salah satu outlet Roll Cake Srikaya dan Siwalan Sumenep, Kamis (06/06/2019).

Ia menuturkan, ide pembuatan Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan berawal dari melihat melimpahnya potensi dua bahan dasar kue tersebut, yakni buah srikaya dan siwalan. Selama ini, srikaya maupun siwalan hanya dijual begitu saja, tanpa ada olahan apapun. Selain tidak tahan lama, dua buah itu dihargai cukup murah.

“Karena itu, saya dan teman-teman pegiat pariwisata Sumenep kemudian berpikir, kenapa kok tidak mengembangkan buah srikaya dan siwalan itu menjadi olahan yang lain. Olahan yang lebih punya nilai ekonomis. Akhirnya terciptalah Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan ini,” papar Ferry panjang lebar.

Perkiraannya ternyata tidak meleset. Setelah diolah menjadi Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan kemudian dibranding menjadi oleh-oleh khas Sumenep, langsung laris manis. Produsen sampai kewalahan menerima pesanan.

“Kebetulan saya dan teman-teman yang memasarkan Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan ini memang langsung mengambil dari usaha kecil pembuat kue rumahan. Jadi belum diproduksi massal. Masih bertahap. Alhamdulillah, respon pasar cukup bagus,” ujarnya bangga.

Ia optimis jika Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan Sumenep ini akan mampu bersaing di pasaran sebagai oleh-oleh khas Sumenep yang banyak dicari orang. Mengingat dari sisi harga tidak menguras kantong, dan dari segi rasa, tetap berkelas bintang lima.

“Silahkan saja dicoba Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan. Dijamin tidak mengecewakan. Baik soal rasa, kemasan, maupun harganya, sangat bersahabat,” ucapnya.

Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan itu bisa didapatkan di Warung Djati, Jl. Kartini Kecamatan Kota Sumenep, hanya dengan harga kisaran Rp 35.000 per box.

“Kalau belum yakin soal rasa, boleh dicoba dulu. Kami sediakan testernya di warung. Khusus bagi pemudik, rugi kalau tidak mencoba Roll Cake Srikaya dan Roll Cake Siwalan khas Sumenep di Warunf Djati,” tandasnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar