Gaya Hidup

Sumber Mata Air Lak Cemoro Berkurang

Ratusan Relawan Peduli Lingkungan Mojokerto Aksi Penanaman Pohon

Mojokerto (beritajatim.com) – Gandeng Relawan Peduli Lingkungan (REPELIKA) Mojokerto, salah satu organisasi pecinta alam (KOMPPACK) yang ada di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto melakukan aksi penanaman pohon, Minggu (17/3/2019).

Sebanyak 100 orang relawan dari dari berbagai macam organisasi, mulai Sispala, Mapala, OPA maupun Independen melakukan penanaman pohon jenis cemoro gunung, weringin dan akasia. Sebanyak 350 bibit ditanam di sumber mata air Lak Cemoro.

Sumber mata air Lak Cemoro adalah salah satu sumber mata air yang mengalirkan air ke masyarakat Desa  Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun pertanian yang merupakan mata pencarian sebagian besar warga.

Koordinator aksi, Viony mengatakan, dalam beberapa tahun ini debit air dari sumber tersebut sudah mulai berkurang. “Sehingga menyebabkan berkurangnya kebutuhan konsumsi air ke masyarakat Desa Claket di Kecamatan Pacet,” ungkapnya.

Masih kata Viony dari organisasi pencinta alam Goppalasda ini, sehingga kegiatan tersebut digelar untuk merawat dan penanaman kembali pohon. Tujuannya agar bisa menyerap air kemudian akan meningkatkan kembali debit sumber air tersebut.

“Tujuan kegiatan ini agar sumber mata air tersebut tetap bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar sebagai kebutuhan rumah tangga maupun pertanian.¬†Kita sebagai pecinta alam juga punya kewajiban untuk melestarikan, merawat serta menjaga sumber mata air demi kesinambungan ekosistem yang ada,” pungkasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar