Gaya Hidup

Mengintip Keindahan Tanjung Rappa Jailolo

Jailolo (beritajatim.com) – Indonesia Timur menyimpan amat banyak keindahan yang tidak kalah dengan wilayah lain yang lebih dulu dikenal khalayak. Salah satunya Tanjung Rappa Pelangi yang berada di Jailolo Halmahera Barat, Maluku Utara.

Memang tidak mudah menuju ke kawasan ini. Dari Jakarta perlu menempuh perjalanan lebih tiga jam menggunakan transportasi udara ke Ternate. Kemudian dilanjutkan menggunakan perahu cepat sekitar satu jam.

Tanjung Rappa Pelangi berada di Desa Wisata Bobanehena. Pohon Bakau banyak tumbuh di kawasan ini. Ada beberapa kamar penginapan yang berada di atas permukaan air laut yang jernih.

Tanjung Rappa memiliki arti penting buat Desa Bobanehena. Rappa memiliki arti pertemuan atau rapat. Konon, pantai di Bobanehena ini adalah lokasi pertemuan atau rapat antar desa-desa di sekitarnya. Hal ini yang kemudian membuat pantai tersebut dinamakan Rappa Pelangi.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh Ricky Fauziyani, mengatakan Halmahera Barat diberkahi alam yang sangat luar biasa.

“Jangan pernah meragukan keindahan alam Halmahera Barat. Banyak spot indah di sana. Salah satunya Pantai Tanjung Rappa Pelangi. Waktu berkunjung yang tepat adalah saat ini, saat Festival Teluk Jailolo 2019 sedang berlangsung,” kata Ricky.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan Festival Teluk Jailolo 2019 menawarkan banyak keseruan. “Banyak acara yang keren. Salah satunya International Photo Week yang diikuti peserta mancanegara. Banyak juga destinasi keren. Destinasi yang harus kalian kunjungi,” paparnya.

Selain Tanjung Rappa Pelangi, Festival Teluk Jailolo juga punya destinasi lain untuk dikunjungi. Ada Mariporoco, dan Kahatola Loloda. (hen/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar