Gaya Hidup

Mau Berlibur ke Bromo, Wajib Daftar Lewat Situs Online

Kondisi Gunung Bromo, Sabtu pagi. (Humas Balai Besar TNBTS)

Malang(beritajatim.com) – Wisatawan yang bakal berkunjung ke Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kini wajib melakukan daftar secara online sebelum berkunjung. Aturan itu bakal secara resmi ditetapkan pada 1 Desember 2019 mendatang.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengatakan kawasan TNBTS merupakan kawasan pelastarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi. Kawasan TNBTS selama ini juga dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, lmu pengetahuan, pendidikan selain untuk menunjang budidaya pariwisata dan rekreasi.

Selain sebagai kawasan pelestarian alam TNBTS juga ditetapkan oleh Pemerintah sebagai salah satu Kawasan Strategis Parwisata Nasional (SPN).

“Keindahan alam dan keunikan budaya Tengger menjadi daya tarik sendiri dari TNBTS. Sehingga menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Timur. Untuk itu kami melakukan perbaikan dengan boking online,” kata John, Selasa, (19/11/2019).

John mengatakan, Aturan tiket online terutama ditujukan bagi rombongan pariwisata yang menggunakan jasa agen perjalanan wisata atau agen travel. Sementara untuk pengunjung yang tak menggunakan travel agen. Tiket melalui Booking Online diberlakukan pada kunjungan pukul 16.01 sampai 07.29 WIB.

“Untuk kunjungan pukul 07.30 sampai 16.00 WIB pengunjung masih diperkenankan membeli tiket langsung di loket masuk yang ada di masing-masing pintu masuk. Saat ini booking online Bromo sudah dapat diakses melalui laman www.bookingbromo.bromotengcersameru.org.,” papar John.

Balai Besar TNBTS mengungkapkan kebijakan penerapan booking online merupakan hasil kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi dengan pelaku jasa wisata alam. Balai Besar TNBTS juga melibatkan Pemprov Jatim, Pemkab Malang, Pemkab Probolinggo, Pemkab Pasuruan dan Pemkab Lumajang, dalam aturan baru ini.

“Penerapan skema booking online bagi pengunjung wisata Bromo ditujukan untuk peningkatan kualitas sekaligus memudahkan pelayanan pengunjung,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar