Gaya Hidup

Mahasiswa di Kediri Ciptakan Olahan Kukis Aneka Rasa dari Bahan Daun Beluntas

Kediri (beritajatim.com) – Daun Beluntas yang biasa digunakan untuk ramuan jamu dan olahan biasa mampu disulap menjadi kukis yang enak dan lezat oleh sekelompok mahasiswa di Kota Kediri, Jawa Timur. Selain bernilai ekonomis, pastinya kukis yang diolah menjadi berbagai varian rasa ini juga menyehatkan.

Ada sekelompok mahasiswa dari Universitas Kadiri (Unik) Kediri yang membuat kukis dari bahan daun beluntas ini. Daun tanaman yang biasa tumbuh di pagar rumah dengan rasa pahing ini diolah menjadi penganan enak.

Olahan tersebut berupa kukis beluntas kaya akan manfaat atau mereka sebut dengan istilah ‘kubekam’. Kukis dari bahan baku daun beluntas ini juga dapat diolah menjadi berbagai varian rasa, seperti coklat, vanilla, strawberry dan original.

“Cara pembuatannya cukup mudah, yakni dengan membuat adonan kue seperti pada umumnya, kemudian ditambah dengan parutan daun beluntas kering yang telah dilembutkan. Setelah itu, adonan dicetak dan diberi topping rasa sesuai selera sebelum dimasukkan ke dalam oven pemanas,” kata Dandy, mahasiswa Unik Kediri pembuat kukis beluntas.

Selain menghasilkan produk yang enak, kukis beluntas ini merupakan kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi baru di bidang olahan. Disamping itu, juga untuk meningkatkan daya minat terhadap daun beluntas. Para mahasiswa cukup menyukai rasa khas yang dihasilkan dari kukis tersebut.

Ria Lestari, dosen pembibing mahasiswa Unik Kediri ini mengatakan, olahan kukis beluntas ini masih dipasarkan di area kampus. Namun, jika peminat meningkat, bukan tidak mungkin akan mampu menembus pasar oleh-oleh di Kota Kediri.

Sementara itu, inovasi pembuatan kukis beluntas ini merupkan salah satu tugas dari kampus yang diberikan kepada mahasiswa. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar