Gaya Hidup

Lomba Daol Mini Dibanjiri Warga Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Meski bentuknya kecil dan menyerupai miniatur Daol atau musik pengugah saur. Lomba Daol mini yang diselenggarakan oleh Warga Jalan Imam Ghozali, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura, tidak kalah meriah dengan lomba Daol sunguhan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan rasa cinta generasi muda di Madura khususnya di Kabupaten Sampang, untuk mencintai tradisi musik Daol. Selain itu untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI yang ke 74,” kata Ahmad Wardi, Lurah Gunung Sekar, Jumat (9/8/2019).

Sementara itu, menurut Moh Ali warga lainya menjelaskan, jika kegiatan Daol mini yang diselengarakan oleh warga malam ini. Cukup menyedot perhatian warga. Terbukti dari membludaknya penonton hingga dilakukan penutupan jalan raya.

“Dengan banyaknya penonton ini membuktikan kecintaan warga Sampang terhadap Daol tidak diragukan lagi, semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Sekedar diketahui, lomba Daol Mini di Sampang ini diikuti oleh 40 peserta dari seluruh perwakilan di Madura. Sebab, ada yang dari Pemekasan dan Sumenep.

Perlu diketahui, Daol adalah musik tradisional warga Madura yang terdiri dari kendang, jidor, gamelan, suling dan musik tradisional lainya. Sementara musik daol ini sebenarnya adalah musik yang ditabuh untuk mengugah umat muslim guna menjalankan makan Saur di bulan suci Ramadan.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar