Gaya Hidup

Kemenpar RI Optimistis, Pariwisata Sumenep Mampu Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat

Bazar di Festival Kuliner

Sumenep (beritajatim.com) – Kementerian Pariwisata Rl meyakini, Sumenep akan menjadi daerah yang menjadikan pariwisata sebagai ‘Leading Sector’. Keyakinan itu didasarkan karena Sumenep memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

“Sumenep ini potensinya bagus. Ada creative value dan culture Value. Tinggal menunggu komitmen para pemimpin disini,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), Guntur Sakti.

Guntur berada di Sumenep untuk mengikuti prosesi pembukaan even bertajuk ‘Sumenep Heritage Culinary Festival’ pads Sabtu (12/10/2019). Festival kuliner yang menyediakan menu-menu tradisional Sumenep, warisan tempo dulu. Selain bazar kuliner, festival tersebut juga menggelar workshop kuliner bersama cheff Juna.

“Ini kegiatan yang luar biasa. Tidak sekedar kuliner, tetapi juga memamerkan budaya tradisional seperti topeng dalang. Sumenep akan menyongsong periuk nasi baru yakni dari sektor pariwisata,” ujar Guntur.

Ia menyebut bahwa di Jawa Timur sudah ada beberapa kota yang menjadikan pariwisata sebagai ‘leading sector’. Diantaranya Malang dan Banyuwangi.

“Saya optimis, kota berikutnya adalah Sumenep. Kalau pariwisata sudah menjadi leading sector, maka akan ada peningkatan PAD dan indeks kebahagiaan masyarakat,” tandas Guntur.

Kegiatan Festival Kuliner tersebut diikuti 68 stand etnik yang terdiri dari 56 stand kuliner dan 12 stand produk unggulan dari TP PKK Sumenep. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar