Gaya Hidup

Gebyar Budaya Madura 2019

Kapolda Jatim: Wujud Nyata Lestarikan Budaya di Madura

Pamekasan (beritajatim.com) – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luky Hermawan menyatakan Gebyar Budaya Madura bertajuk Kapolda Jatim Cup 2019 sebagai wujud nyata demi melestarikan budaya dan tradisi di Madura.

Program Gerbang Salam, Program Gerbang Bumi, Gerbang Salam, dan Program Kerangka Sapi.

“Lomba kerapan sapi ini merupakan wujud nyata dari kami untuk melestarikan salah satu budaya di Madura, ditambah kerapan sapi merupakan satu budaya Madura, yang selalu eksis dan dikenal hingga mancanegara,” kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luky Hermawan, Sabtu (23/3) / 2019).

Rangkaian ini merupakan program perdana yang dilakukan Polda Jatim, demi melestarikan destinasi budaya di Pulau Garam. Apalagi hal itu juga diharapkan bisa digelar rutin dan berkelanjutan. “Karapan sapi ini pertama kali digelar oleh Polda Jatim, semoga kedepannya terus ada dan bisa digelar setiap tahun,” harapnya.

Tidak hanya itu, program berbasis budaya ini juga disetujui dapat memiliki kontribusi positif. Sebab selain menjadi ajang silaturrahmi, juga bisa memberikan dampak positif terhadap sektor ekonomi makro.

“Tidak kalah pentingnya program ini juga bisa menjadi ajang silaturrahmi bagi masyarakat Madura, dan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Mengapa kami menonton banyak wisatawan mancanegara dan hotel pun penuh,” ungkapnya.

Dalam momentum tersebut pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membuat tempat pertemuan yang akan digelar serentak 17 April 2019 mendatang. “Program ini sekarang menjadi sarana untuk tetap disetujui kondusifitas yang diminta pelaksanaan Pemilu 2019,” tegasnya.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luky Hermawan melihat kondisi sapi kerapan yang siap dipacu dalam Lomba Kerapan Sapi Kapolda Jatim Cup 2019.

Program kerapan sapi yang dipusatkan di Stadion R Soenarto, Jl Stadion, Sabtu (23/3/2019). Juga dihadiri jajaran petinggi di Lingkungan Polda Jatim, di sini Kasat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmiko, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudy Setiawan, Dir Reskrimsus Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, dan juga para polres se Madura.

Selain itu juga tampak hadir undangan dari berbagai perwakilan berbeda, di pertemuan Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, Bupati Sampang, Slamet Junaidi, Ketua DPRD Pamekasan, Halili, Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi, serta jajaran lainnya.

Perwakilan Konjen Australia Mr Paul Zeccolla Jonatan, Perwakilan Konjen dari Jepang Mr Ohasi, Perwakilan pengusaha korea selatan Mr Choy. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar