Gaya Hidup

Ini Jumlah Wisatawan di TN Alas Purwo Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Wisatawan di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) yang berada di Kecamatan Tegaldlimo terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dari tahun ke tahun jumlahnya mengalami perbedaan.

“Jumlah wisatawan yang berkunjung ke TN Alas Purwo mengalami kenaikan. Tercatat pada 2016 sebanyak 134.130 orang, 137.430 (2017), dan melonjak jadi 211.049 pada 2018,” kata Kasubag TU Balai TN. Alas Purwo Muhamad Wahyudi, Rabu (12/2/2019).

Lonjakan ini, kata Wahyudi, seiring dengan perkembangan sektor pariwisata di Banyuwangi. Apalagi kini ada penerbangan langsung dari Jakarta dan Surabaya serta direct flight dari Kuala Lumpur. “Ditunjang perbaikan akses serta penambahan sarana dan prasarana yang menambah kenyamanan pengunjung, termasuk akses jalan utama di kawasan ini hingga Pantai Pancur,” kata Wahyudi.

Terlebih, lanjut Wahyudi, akses menuju ke destinasi itu cukup mudah. Wisatawan dapat melalui Kota Banyuwangi berlanjut menuju Kalipait dengan jarak tempuh sekitar 1 jam lebih. “Tarif masuknya Rp 7.500 per orang, tiket hari biasa Rp 5000 orang. Tiket hari libur Rp 7.500, motor Rp 5000, dan mobil Rp 10.000,” jelasnya.

Padang Savana Sadengan TN. Alas Purwo

Sejumlah destinasi yang menjadi andalan di TNAP. Di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, di antaranya, Pantai Plengkung yang memiliki ombak tinggi di dunia, padang savana sadengan salah satu tempat penggembalaan satwa liar, pantai ngagelan sebagai tempat penangkaran penyu.

Ada lagi, Situs Kawitan dan Pura Luhur Giri Salaka, Wisata Mangrove Bedul, Pantai Trianggulasi termasuk juga terdapat berbagai macam gua

Sementara di SPTN Wilayah II, juga menyimpan keindahan alam yang tidak kalah luar biasa. Di antaranya, ada Gunung Sembulungan, Jati Papak, Teluk Banyu Biru, Mangrov Kili-kili, Gua Jepang dan lainnya. [rin/su

Apa Reaksi Anda?

Komentar