Gaya Hidup

Pawai Delta Carnival 2019

IKA-UA Sidoarjo Usung Kisah Perjuangan Raja Airlangga

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) Cabang Sidoarjo ikut berpartisipasi aktif memeriahkan puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-160 tahun 2019, dalam Pawai Delta Carnival 2019, Minggu (24/03/2019).

Dalam Delta Carnival bertemakan ‘Folklor Rakyat Sidoarjo’, Ika UA Sidoarjo mengusung tema ‘Semangat Dharma Abhipraya Ksatria Airlangga dalam Mewujudkan Tenaga Kerja yang Andal di Kabupaten Sidoarjo’. Dari tema ini ada performa teatrikal berjudul Dharma Abipraya Ksatria Airlangga. Kisah ini memiliki arti perjuangan Raja Airlangga untuk mencapai cita-citanya.

Menurut Ketua Ika UA Sidoarjo drg Winaryo, Sp. Perio, kisah ini sangat tepat untuk diangkat karena merupakan awal berdirinya Kerajaan Kahuripan yang berlokasi di Sidoarjo.

Sekitar 50 alumni Unair yang berdomisili di Sidoarjo dan sekitarnya menjadi pemeran Dharma Abipraya Ksatria Airlangga. “Ini menggambarkan kondisi Universitas Airlangga pada umumnya serta Ika UA Sidoarjo pada khususnya yang sedang mencapai cita-cita bersama menuju Top 500 World Class University,” jelasnya.

Menurut Winaryo, partisipasi alumni Unair dalam Pawai Delta Carnival ini merupakan wujud nyata dalam mendukung pelestarian seni dan budaya di Sidoarjo. Apalagi, event ini juga sebagai bentuk untuk menarik pariwisata ke Kabupaten Sidoarjo

“Ini moment menarik untuk menunjukkan keberadaan dan kemampuan kami bersinergi dengan Pemkab Sidoarjo. Terutama di bidang pariwisata dan kesenian,” terangnya.

Selain itu, tambah Winaryo, keuntungan yang diambil dari event seperti ini adalah sebagai perekat antar anggota dan pengurus Ika UA Sidoarjo. Juga antara Ika UA Sidoarjo dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa lebih harmoni.

Selain melestarikan seni budaya dan meningkatkan pariwisata, Winaryo juga mengungkapkan bahwa kisah teatrikal Raja Airlangga ini menjadi insipirasi bagi Ika UA Sidoarjo untuk berkarya bagi nusa dan bangsa.

“Ke depannya banyak kegiatan yang akan kami berikan kepada masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya. Mulai bakti sosial, pengobatan massal, penyuluhan, sosialisasi kesehatan, dan sebagainya. Hal ini sebagai bentuk pengabdian alumni Unair kepada masyarakat,” jelas Winaryo.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Karnaval Ika UA Sidoarjo Lidyasari S.Sos mengatakan, keikutsertaan Ika UA Sidoarjo dalam Delta Carnival juga mempererat rasa persaudaraan dan semangat kebersamaan warga Sidoarjo, terutama alumni Uniar yang tinggal di Sidoarjo dan sekitarnya.

“Dengan adanya organisasi Ika UA Sidoarjo, alumni yang selama ini berpencar-pencar meski tinggal di Sidoarjo, bisa berkumpul dan guyup membesarkan organisasi. Kami berharap dukungan dari sesama alumni Unair dalam menjalankan program-program ke depan nanti,” harap alumnus FISIP Unair ini.

Sinopsis Darma Abipraya Ksatria Airlangga Pangeran Airlangga adalah putra dari Udayana, raja Kerajaan Bedahulu, Bali, dari Wangsa
Warmadewa. Ibunya bernama Mahendradatta, seorang putri Wangsa Isyana dari Kerajaan Medang.

Pada usia 16 tahun, Airlangga dikirim ke Jawa untuk menikah dengan sepupunya dari pihak Ibu, anak dari Raja Medang terakhir. Sang istri bernama Sri Maharaja Isana Dharmawangsa Teguh Anantawikramottunggadewa.

Di pesta pernikahan, Raja Dharmawangsa Teguh diserang oleh Kerajaan Wurawari. Dia dikalahkan dan mati dalam perang. Airlangga dan istrinya serta pembantu setianya, Mpu Narotama, melarikan diri. Lalu bertapa dan memperdalam ilmu di Gunung Pucangan (Kecamatan Ngusikan, Jombang).

Setelah 3 tahun Airlangga menghimpun kekuatan dari Wangsa Isyana di daerah Gunung Penanggungan. Airlangga berhasil merebut kembali kekuasaan Medang. Setelah berkuasa, Airlangga membentuk kerajaan baru, yaitu Kerajaan Kahuripan di Sidoarjo.

Sepanjang pemerintahannya, Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa memberikan banyak sekali kemajuan. Ini tercatat dalam sejarah di relief beberapa candi di sekitar Sidoarjo. Mulai dari pengembangan asrama-asrama pendidikan, pertapaan, pusat-pusat pemerintahan, jalan dan bendungan. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar