Gaya Hidup

Grebeg Suro Diklaim Lebih Meriah dari Sebelumnya

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada hal berbeda dalam Peringatan Hari Jadi Ponorogo ke-523 dan Grebeg Suro 2019 dibandingkan event serupa di tahun-tahun sebelumnya. Pada gelaran kali ini Pemkab Ponorogo menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) melalui Platform Indonesiana. Kolaborasi keduanya disebut-sebut bakal membuat  acara budaya yang menjadi icon Ponorogo tersebut semakin meriah.

”Kerjasama ini sangat penting untuk mendukung promosi grebeg suro diskala nasional,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Jumat (23/8/2019).

Event tahunan yang dimulai sejak 22 Agustus – 1 September 2019 bakal dipenuhi banyak agenda kegiatan. Selain Festival Reyog Mini XVII yang digelar 22-25 Agustus dan Festival Nasional Reyog Ponorogo XXVI, pada 26-30 Agustus mendatang.

Juga digelar berbagai event budaya lainnya, yakni dialog budaya, workshop membahas Joged Ponoragan, pagelaran wayang kulit. Hingga kegiatan ziarah di Makam Bathoro Katong, Astana Srandil, serta Petilasan Kutu Wetan. Dan dipungkasi dengan  acara larungan di Telaga Ngebel.

”Grebeg Suro ini sebagai tradisi warga Ponorogo dalam menyambut bulan Muharram,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar