Gaya Hidup

Chocomua, Cokelat untuk Masker Wajah dan Minuman

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Alvian Alfaridzi, Yovian Bugarianda dan Siti Yolanda Rahman, tiga mahasiswa Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, memproduksi Chocomua. Produk cokelat ini bisa digunakan untuk masker wajah maupun minuman sekaligus.

“Chocomua itu singkatan Chocoa Coffe Make Up Artist. Jika mau diminum, tinggal tuangkan saja air panas ditambah gula. Jika dipakai sebagai masker wajah pun gampang, tuang air secukupnya dan pulaskan di wajah,” kata Yovian, mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ide membuat masker dari bahan kopi dan coklat datang dari Yolanda. Mahasiswi Program Studi Administrasi Bisnis FISIP ini punya usaha sampingan sebagai perias wajah di sela-sela kesibukan kuliah. “Produk Chocomua kami tambahi minyak zaitun. Kami jual dalam kemasan praktis seharga Rp 13 ribu,” katanya.

Menurut data penelitian yang mereka dapatkan, kopi dan coklat mengandung vitamin E, vitamin K, polifenol, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, dan mencegah radikal bebas. Mereka melakukan riset dan memproses pengolahan awal bahan-bahan bersama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.

Berkat ide itu mereka menjadi juara kedua dalam lomba kompetisi bisnis International Fakultas Ekonomi dan Manajemen Festival 2.0 yang digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Universitas Darussalam, Gontor, Ponorogo. “Harapannya jika cokelat diolah terlebih dahulu maka harganya bakal naik dibandingkan jika dijual mentahan saja,” ujar Alvian, mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar