Gaya Hidup

Bupati Sampang Apresiasi Petik Laut Warga Sereseh

Sampang (beritajatim.com) – Petik laut atau Rokat Tasek yang digelar oleh warga Dusun Tasolong, Desa Sreseh, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, berlangsung meriah dan menjadi hiburan bagi warga pesisir pantai selatan pulau Madura.

Bupati Sampang, H Slamet Junaidi yang kebetulan hadir dalam acara tersebut mengapresiasi masyarakat Sreseh yang telah menjunjung budaya leluhur pesisir dan melaksanakan prosesi Petik Laut

“Saya merasa bahagia karena diberi kesempatan untuk menyaksikan langsung sebuah tradisi kultural. Warga Tasolong menjunjung tinggi budaya leluhurnya. Saya berharap petik laut ini dilestarikan,” kata Bupati Sampang, Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut Bupati menambahkan, petik laut atau rokat tasek merupakan salah satu ciri khas masyarakat Jawa Timur sekaligua suatu kegiatan rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan rezeki kepada para nelayan.

“Rokat Tasek juga sebagai doa agar hasil tangkapan laut melimpah,” tegasnya.

Pantauan di lokasi, prosesi Petik Laut ditandai dengan pelepasan sapi ke laut, kemudian dengan penuh kegembiraan warga yang hadir memburu sapi hias yang di lepas.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar