Rabu, 21 Nopember 2018

Lamongan Targetkan Gaet Investasi Rp 28 Triliun

Rabu, 24 Oktober 2018 02:29:47 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Lamongan Targetkan Gaet Investasi Rp 28 Triliun

Surabaya (beritajatim.com) - Bupati Lamongan, Fadeli yakin mampu menarik investasi asing maupun dalam negeri untuk berinvestasi di Kabupaten Lamongan Rp 28 triliun. Saat ini Lamongan sudah mendapatkan Rp 26 triliun investasi dari dalam dan luar negeri.

"Kami yakin sektor pengolahan hasil pertanian serta pengolahan ikan menjadi daya tarik utama di Lamongan. Apalagi saat ini potensi ikan Lamongan setiap tahun hingga 129 ribu ton dan yang termanfaatkan untuk pabrik pengolahan ikan baru 60 persen. Sisanya masih menunggu investasi baru," beber Fadeli di sela kegiatan Gathering Bisnis di Singgasana Hotel Surabaya, Selasa (23/10/2018) malam.

Sejak beberapa tahun yang lalu, Lamongan terus berupaya menjual dan mengembangkan potensi alamnya. Terletak di jalur Pantura dengan pesisir pantai yang luas menjadikan Lamongan kini sudah memiliki beberapa investor dalam bidang pengolahan perikanan hingga pengolahan jagung untuk pakan ternak.

Produksi jagung kami sekitar 571 ribu ton jagung pertahun dan pupuk yang digunakan lebih banyak pupuk organik yang dibuat sendiri oleh warga dari penggemukan sapi. Akibatnya kini Lamongan pun mendata memiliki 109 ribu ekor sapi dan masih dibutuhkan 80 ribu ekor sapi lagi untuk menutupi kebutuhan pembuatan pupuk organik petani.

"Jadi tak heran jika PRDB terbesar kami disumbang oleh sektir Pertanian dan perikanan hingga 39 persen dan perdagangan besar dan eceran sebesar 19,08 persen. Sektor Kontruksi sebanyak 11,42 persen sedangkan industri pengolahan sebesar Rp 8,18 persen," bebernya yang juga hadir bersama Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati.

Dengan segudang potensi yang dimiliki Lamongan, Fadeli berharap hal ini akan membuat Lamongan terlihat "seksi' di mata pengusaha. Apalagi saat ini Lamongan masih memiliki upah minimun yang murah sehingga membuat daya tarik yang semakin besar bagi investasi baru.

"Dan untuk mempercepat masuknya investasi baru, kami menjamin perizinan sudah dilakukan secara online. Jadi semuanya transparan dan prosesnya cepat. Saya yang jadi jaminannya. [rea/but]

Tag : investasi

Komentar

?>